Bupati Sintang Tinjau Lokasi Kebakaran di Baning

oleh
Bupati Sintang meninjau sisa kebakaran di Baning

MELAWINEWS.COM, SINTANG-Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan 10 unit ruko di Jalan Oevang Oeray Baning Senin,(7/1/2019) pagi.

Bupati mengungkapkan tujuan kedatangannya ke lokasi kejadian adalah untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Kata Jarot sebagian besar kebakaran di Sintang karena arus pendek korsleting listrik.

“Sudah kita evaluasi bahwa seluruh bangunan di Kabupaten Sintang termasuk pendopo Bupati Sintang instalasi listriknya jelek apalagi dengan listrik kita yang tidak stabil, tadi malam kita beberapa kali padam, kalau listrik padam hidup padam hidup itu kan instalasi listrik tidak bagus sehingga memercik api dan memercik kebakaran,”beber Jarot.

Jarot menyebutkan bahwa perlu dilakukan evaluasi kembali oleh pihak PLN dan seluruh masyarakat tentang pentingnya instalasi listrik yang baik. Ia juga memberikan pujian kepada para pengusaha yang rukonya kebakaran, bahwa sebagian besar bangunan usaha mereka telah dilindungi dengan asuransi.

Menurut Jarot pihaknya akan mengmbil beberapa langkah yang diambil bagi para korban terdampak. Pemerintah akan memberikan kemudahan pada proses percepatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) apabila bangunan yang terbakar akan segera dibangun. Selain itu, pemerintah akan memberikan surat keterangan rekomendasi yang menguatkan untuk mempermudah proses di notaris guna proses pembangunan kembali.

“Kemudahan lainnya yang diminta oleh para korban kepada pemerintah daerah pada umumnya mereka mau tapak letaknya itu bisa kembali ke asalnya sebelum terjadi kebakaran karena kalau dihitung dari GPS lagi harus ada pergeseran harus ada yang mundur dan lain sebagainya,” kata dr. Jarot.

Kasat Pol PP dan Damkar Martin Nandung saat mendampingi bupati Sintang mengatakan pihak nya sudah berusaha untuk melindungi daerah disekeliling komplek ruko yang terbakar agar tidak merembet ke pemukiman warga.dengan menurunkan 60 personil dan 6 unit Damkar.

“Kita menurunkan sekitar 60 orang personil untuk mengatasi musibah ini, begitu kita dapat informasi dari warga subuh tadi, tim kita langsung bergerak. Untung, akses air juga cukup mudah,”ulasnya.

Terpisah anggota DPRD Kabupaten Sintang Hermanto menyatakan Dia mengaku prihatin atas kejadian tersebut,dan dia juga mengimbau kepada pihak PLN agar secara baik menggarap instalasinya.

“Saya selaku wakil rakyat tentu merasa prihatin atas kejadian ini,berangkat dari ini pihak PLN saya imbau untuk menggarap secara baik instalasinya agar tak terjadi korban berikutnya ,”tegasnya singkat.

Manager PLN Ranting Sintang Rizky Ramdani yang dikonfirmasi menyatakan dari sisi PLN, untuk mengantisipasi padam di jaringan, pihaknya akan melakukan inspeksi jaringan (SUTM).

“Kami akan melakukan inspeksi pada jaringan (SUTM) dan segera melaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan, baik itu pemangkasan pohon maupun penggantian material yang rusak.
Dari sisi pelanggan, kami menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan terhadap instalasi di rumahnya.”Katanya.

Jika memang kabel nya tidak standar atau sudah waktu nya diganti agar menghubungi instalatir atau lembaga yang bersertifikasi untuk dilakukan penggantian. Dan juga ketika ada gangguan sebaiknya menghubungi petugas/ ahlinya. Katanya singkat.(yanti)