Jalin Silaturahmi, Kasrem 121/Abw Hadiri Pembukaan Lomba Sampan Bidar

oleh -34 views
Bupati Sintang Jarot Winarno membuka lomba sampan bidar, dihadiri Kasrem 121/Abw Kolonel Czi Rudy Wahjudiono

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka lomba Sampan Bidar memperingati Hari Jadi Kota Sintang, Kabupaten Sintang, Ke-660 tahun bertempat di Kawasan Taman Bungur, Kabupaten Sintang, Kamis (26/5).

Lomba sampan bidar tradisional ini digelar salah satunya bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar sesama atlet dan masyarakat, menjaga konsisten olahraga dan pembinaan atlet serta sarana untuk mempromosikan wisata air sungai.

Kasrem 121/Abw Kolonel Czi Rudy Wahjudiono S, E., M.M yang menghadiri pembukaan mengatakan, selain sebagai upaya untuk menjaring bibit-bibit atlet sampan bidar yang nantinya bisa ikut dalam event-event besar sampan bidar, juga sebagai ajang menjalin silaturahmi.

Kasrem mengungkapkan, kegiatan ini juga sebagai upaya mempertahankan tradisi yang sudah sejak lama ada.

Menurutnya, hampir semua Kesultanan di Kalbar ini menjadikan sampan bidar sebagi sebuah tradisi yang di perlombakan, salah satunya Kesultanan Sintang, perlu dipertahankan dan dikembangkan

“Selain itu juga lomba ini sebagai bentuk pengembangan wisata air sungai, sehingga perlu terus di kembangkan dan di rencanakan dengan matang, sehingga akan menjadi kalender event wisata sungai khususnya di Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Dikatakan, lomba perahu kemudi sorong ini sudah tidak lagi diadakan sejak 2011 lalu, kedepan bisa menjadi perhatian dan pertimbangan pemerintah untuk kembali diadakan lomba setiap tahun. (***)