Kantor Arpusda Terbakar, Ribuan Buku hingga Dokumen Hangus

oleh -37 views

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Melawi ikut dilalap si jago api dalam musibah kebakaran, Rabu (7/10) malam. Belum diketahui berapa kerugian yang dialami, namun ribuan buku dan dokumen dipastikan ikut hangus terbakar.

Kepala Dinas Arpusda Melawi, Paulus dihubungi Kamis (8/10) mengungkapkan kebakaran ini menghanguskan empat unit ruko yang disewa instansinya. Didalamnya terdapat perpustakaan, aset kantor hingga dokumen.

“Kami belum tahu berapa jumlah buku atau dokumen apa saja yang terbakar. Karena laptop yang memuat data aset Arpusda juga ikut hangus terbakar. Tapi datanya tersimpan di bagian aset Pemkab Melawi,” katanya.

Saat ini, kata Paulus, pegawai dan staf Arpusda untuk sementara berkantor di Kantor Bupati Melawi. Ia juga akan melapor ke Bupati terkait aset Pemda yang habis terbakar.

“Termasuk ke Polres Melawi akan kita laporkan secara resmi terkait dampak kebakaran tersebut,” katanya.

Kasi pada Dinas Arpusda, Zulkifli mengungkapkan hampir tidak ada yang bisa diselamatkan dari kantor Arpusda akibat kebakaran yang terjadi tepat malam hari ini.

“Peralatan kantor habis semua tidak sempat diselamatkan. Sedangkan untuk arsip, rata-rata berada di masing-masing OPD,” jelasnya.

Zulkifli juga belum mengetahui berapa banyak buah buku yang terbakar. Tapi ia menilai lebih dari ribuan buku yang hangus.

“Datanya mau dilihat di bagian aset,” katanya.