Jarot: Masyarakat Butuh Layanan Simple

oleh -20 views
Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka kegiatan rapat koordinasi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan Provinsi Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang, pada Kamis, (05/03/2020)

MELAWINEWS.COM, SINTANG-Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka kegiatan rapat koordinasi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan Provinsi Kalimantan Barat, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang, pada Kamis, (05/03/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, PLH. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, para Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat, dan para pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa harta karun negara itu adalah Big Data atau Data yang besar, “Diera disrupsi teknologi ini, harta karun yang paling berharga adalah big data, karena dengan big data, di dalamnya terdapat data kependudukan yang kita kuasai, negara yang kuat adalah negara yang memiliki Big Data tersebut”, kata Jarot.

Menurut Jarot, masyarakat menginginkan pelayanan yang simpel dengan ditopang teknologi informasi, “Ada dua hal yang berpengaruh dalam disrupsi teknologi ini, pertama pola kita bekerja, yang kedua adalah gaya hidup untuk memanfaatkan kemajuan teknologi, client kita menginginkan sesuatu itu lebih simpel, sederhana, murah, mudah diakses dan cepat, sehingga kita harus menyesuaikan dengan keinginan client kita, itu hal penting pada era disrupsi teknologi saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Jarot mengatakan, untuk memenuhi hal tersebut maka saat ini pemerintah harus lebih kreativitas, inovatif, enterpreneurship, serta kolaborasi, tidak cukup hanya produktif dan efisien saja. Mengenai Big Data berperan penting didalam kehidupan sehari-hari.

“Karena big data memiliki NIK yang menjadi single identity, jadi kalau kita mau buat paspor, Surat Izin Mengemudi, Buku Nikah,kita butuh NIK, kemudian keunggulan big data ini bisa mendukung sensus penduduk yang bersumber dari database dari data kependudukan yang kita miliki, sehingga berbagai proses kehidupan kita bisa mudah dengan adanya Big data”, sambungnya.

“Tetapi, yang paling penting, dengan kegiatan ini seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat ini bisa bertemu untuk berbagi pengalaman, saling memberikan contoh yang terbaik antar kabupaten satu dengan yang lainnya, apalagi hadir narasumber dari Ditjen Kependudukan Kemendagri RI, dan Dinas Kependudukan Prov Kalbar, paling tidak bisa memberikan penguatan pemahaman tentang pemanfaatan data kependudukan secara teknis”, pesan Bupati Sintang.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, Suryanata menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang pemanfaatan data kependudukan, “kita laksanakan koordinasi dan sinkronisasi tentang program kerja kegiatan pemanfaatan data kependudukan dan dokumen kependudukan di Kalbar yang diikuti oleh seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten /Kota se-Kalimantan Barat”, jelasnya.

Perlu diketahui, sambung Suryanata menginginkan seluruh Disdukcapil se-Kalbar dapat bekerja bersama-sama untuk meningkatkan perekaman dan pencetakan e-KTP, karena itu harus kita optimalkan, untuk di Kabupaten Sintang sendiri didalam catatan kita itu bahwa Sintang sudah melakukan perekaman e-KTP mencapai 99,03%, dan sudah melakukan pencetakan 96,79%, dan ini patut diapresiasi kinerja capil Sintang”, sambungnya.

Terkait dengan blanko KTP, Suryanata mengungkapkan bahwa sudah tersedia di Jakarta, “blanko KTP sudah tersedia di Jakarta, tinggal Disdukcapil masing-masing Kabupaten / Kota untuk mengambilnya agar kebutuhan blanko KTP bisa terpenuhi untuk di kalbar pada tahun 2020, tetapi Ditjen mengutamakan daerah Kabupaten di Kalbar yang akan melaksanakan Pilkada, ada 7 Kabupaten yang akan melaksanaka Pilkada”, ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan secara simbolis KTP elektronik hasil perekaman jemput bola ke sekolah-sekolah SMA dan SMK di Kota Sintang, adapun SMA & SMK tersebut yakni, SMAN 1 Sintang, SMAN 3 Sintang, SMAN 4 Sintang, SMA Panca Setya 1 Sintang, SMK