Jalan Rusak Pinoh-Ella, Dewan Minta Pemkab dan Perusahaan Duduk Semeja

oleh
Kondisi jalan rusak Pinoh-Ella

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kerusakan jalan yang terjadi di ruas jalan Pinoh-Ella memang perlu menjadi perhatian khusus. Mengingat ruas jalan strategis nasional tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sementara disisi lain tidak ada anggaran yang dialokasikan Pemkab Melawi untuk memperbaiki jalan tersebut.

Anggota Komisi II DPRD Melawi, Alexius mengatakan kondisi jalan tersebut memang sudah sangat parah. Ia pun berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melawi berkomunikasi dengan Dinas PU Provinsi, serta pusat untuk dilaporkan kondisi jalan yang ada.

“Disampaikanlah dengan data yang ada, karena bila dibiarkan terus menerus maka lama-lama jalan tersebut tak bisa dilalui,” ujar legislator asal Ella ini.

Alex mengatakan, bila perlu Pemkab Melawi bisa memanggil perusahaan yang beraktivitas di wilayah Ella dan menukung untuk bisa membantu perbaikan jalan. Karena setiap harinya kendaraan pengangkut buah sawit maupun CPO melintasi jalan Pinoh-Ella.

“Mungkin perlu DPRD, Pemerintah dan Perusahaan, duduk semeja untuk mengatasi masalah tersebut,” jelasnya

Kadis PUPR Melawi, Makarius Horong, mengungkapkan status jalan Pinoh-Ella memang sudah menjadi Jalan Strategis Nasional. Selain sudah menjadi kewenangan pusat, Pemkab tahun ini tak menganggarkan dana melalui UPJJ.

“Soal jalan rusak ini kita sudah lapor bupati. Yang jelas kita tak punya dana. Ada memang dana tanggap darurat yang dianggarkan di BPKAD. Cuma pencairannya sedikit rumit, karena bupati harus menyampaikan permohonan ke DPRD harus disetujui melalui rapat paripurna,” jelasnya.