Bupati Sintang Hadiri Festival Bintang Pelajar Pemilu

oleh -6 views

MELAWINEWS.COM, SINTANG-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, Med. PH menghadiri pelaksanaan Festival Bintang Pelajar Pemilu se-Kabupaten Sintang yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang di Gedung Kesenian pada Sabtu, 9 Maret 2019. Dalam pelaksanaan Festival Bintang Pelajar Pemilu Se Kabupaten Sintang diikuti oleh 34 pelajar Se-Kabupaten Sintang. Yang menjadi pemenang akan tampil pada malam konser KPU pada 16 Maret 2019 mendatang.

Hadir dalam pembukaan festival tersebut, Kapolres Sintang, Ketua KPU Kabupaten Sintang dan anggota, Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang, Kasdim 1205 Sintang, Ketua Pengadilan Negeri Sintang, panitia, para peserta dan penonton.
Bupati Sintang menyampaikan para peserta bintang pelajar ini merupakan duta pemilu untuk kalangan milenial agar ikut mensukseskan pemilu 17 April 2019 nanti.

“Bangsa Indonesia merupakan Negara demokrasi terbesar. Kita sudah beberapa kali melaksanakan pemilu yang dilaksanakan secara langsung oleh rakyat, belum ada masalah. Damai damai saja. Jadi kematangan demokrasi adalah penyelenggaraan pemilu yang luber, bersih, damai dan sukses. Tahun ini kita memberikan perhatian pada kelompok milenial. Datanya adalah 34 persen pemilih merupakan kaum milenial yang baru pertama kalinya ikut pemilu. Kaum milenial jumlahnya sangat besar dan mereka sangat akrab dengan kemajuan teknologi dan hidup dalam jaman digital. Mereka biasa berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai latarbelakang agama dan suku bahkan pilihan” terang Jarot Winarno.

“Kaum milenial sangat terbuka dan mudah menerima perbedaan termasuk perbedaan pilihan. Dan tahun ini pada 17 April nanti, kaum milenial akan diberikan kesempatan memilih presiden, anggota DPRD dan DPD. Kesempatan ini jangan disia siakan oleh kaum milenial. Kesempatan untuk memilih presiden kita. Saat ini satu suara sangat menentukan seseorang bisa duduk atau tidak sebagai anggota DPRD karena pemilu lalu ada yang selisih suaranya hanya 7 suara bisa duduk sebagai anggota legislatif. Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi media bagi kaum milenial untuk mensukseskan pemilu dan yang menang akan tampil pada nalam konser KPU pada 16 Maret mendatang. Suara kalian menentukan sukses tidaknya pelaksanaan pemilu mendatang. Kalian bertugas mengajak kaum milenial yang lain untuk ikut mensukseskan pemilu” terang Bupati Sintang.

Ketua KPU Kabupaten Sintang Hazizah menyampaikan bahwa festival ini adalah cara KPU melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu untuk kalangan anak muda agar ikut mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Tujuannya adalah supaya pelajar dan kaum milenial lainnya tidak apatis pada pemilu ini. KPU berasumsi kegiatan ini bisa menarik simpati kaum milenial. Festival ini kami selingi dengan sosialisasi kepada kaum milenial yang hadir. Festival Bintang Pelajar Pemilu kali ini yang ikut mendaftar itu ada 35 orang, namun dalam proses selanjutnya ada satu orang mundur sehingga yang ikut festival hanya 34 orang. Jumlah peserta34 orang ini secara kebetulan sesuai dengan jumlah pemilih kaum milenial sebesar 34 persen di Indonesia” terang Hazizah

“Per hari ini 9 Maret 2019, tersisa 39 hari lagi menuju hari pelaksanaan Pemilu. Kami mengharapkan agar peserta tidak putus asa jika tidak terpilih menjadi pemenang [ada festival bintang pelajar ini” terang Hazizah
Pada Festival Bintang Pelajar Pemilu tersebut, penampilan dan suara 34 peserta tersebut dinilai oleh tiga orang juri yakni Agus Irwansyah, Winda Wulandari dan Harul MR. sebanyak 34 peserta akan membawakan dua lagu berturut-turut yakni lagu wajib yakni Jingle KPU dan lagu pilihan yang oleh KPU memberikan kebebasan untuk menyanyikan lagu apa saja.