Jalan Sayan-Kotabaru Rusak Parah, Pemprov Diminta Tanggap Cepat

oleh -40 views
Kondisi jalan Sayan-Kotabaru yang dipenuhi tanah kuning dan lumpur

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kondisi ruas jalan dari arah Sayan menuju Kotabaru Kecamatan Tanah Pinoh kini rusak berat. Jalan tak dipenuhi lumpur dan tanah. Kondisi ini menyulitkan pengguna jalan yang melintas. Akses ini bahkan terancam putus bila tidak ada upaya perbaikan segera.

Tokoh Masyarakat Melawi yang juga mantan ketua HIPMI Melawi, Kusmas Hadi Saputra, mengungkapkan akses jalan ini merupakan urat nadi utama menuju tiga kecamatan di hulu Melawi yakni, Tanah Pinoh, Tanah Pinoh Barat dan Sokan.

“Keluhan masyarakat pengguna jalan terkait kerusakan jalan di antara Sayan-Kotabaru sudah berkali-kali disampaikan. Saat ini akses jalan sudah sulit dilalui kendaraan roda empat. Angkutan truk ekspedisi dan kendaraan umum tak jarang amblas karena akses jalan ini tak kunjung diperbaiki,” katanya.

Kusmas yang kini menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum HIPMI Kalbar meminta Pemprov Kalbar tak tutup mata dengan kondisi jalan tersebut. Bila tak segera diperbaiki, dikhawatirkan kondisi jalan semakin parah dan membuat akses jalan terputus.

“Jangan sampai peristiwa beberapa tahun lalu, dimana akses jalan darat menuju Kotabaru Sokan terputus hingga terpaksa harus menggunakan jalur air terjadi lagi. Karena dampaknya adalah masyarakat yang menjadi korban. Harga kebutuhan pokok semakin mahal dan juga komoditas perkebunan tak bisa dibawa ke luar dan merugikan semua pihak,” ungkapnya.