Wabup Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Melawi

oleh -169 views
Wakil Bupati Kluisen membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten Melawi 2023

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten Melawi menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Melawi Tahun 2023, Selasa (14/03/2022) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi.

Musrenbang ini digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, dengan mengusung tema “Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur”.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, dan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutadmidji, S.H.,M.Hum, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, M. Kebing L, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Melawi, Unsur Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, OPD di lingkungan Pemprov Kalimantan Barat, OPD di lingkungan Pemkab Melawi, Pimpinan BUMN, BUMD, Instansi Vertikal, Camat se-Kabupaten Melawi, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

Kepala Bappeda Kabupaten Melawi, Silvani Umran, S.STP.,MM dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk membahas, menilai, dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah yang telah diselaraskan dengan hasil Musrenbang Kecamatan.

“Hasil Musrenbang ini akan disusun dalam suatu daftar, yang merupakan daftar urusan prioritas pembangunan di Kabupaten Melawi tahun 2024 sesuai sektor atau bidang yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Melawi, yang alokasi dana dan sumber pembiayaan disesuaikan dengan Kebijakan Umum Anggaran Kabupaten Melawi Tahun 2024 yang disusun,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen menyampaikan Musrenbang memiliki arti yang sangat penting karena selain sebagai wadah penyampaian aspirasi masyarakat, juga merupakan forum koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan daerah untuk tahun 2024.

“Hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Melawi yang kita laksanakan hari ini merupakan dasar yang sangat utama dalam rangka menyusun RKPD untuk periode 1 tahun ke depan, khususnya dengan mengoptimalkan ketersediaan dan pemanfaatan sarana, prasarana, dan teknologi, yang selanjutnya sebagai pedoman penyusunan RAPBD Kabupaten Melawi Tahun 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati mengatakan fokus rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2024 adalah penguatan pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, peningkatan pelayanan dasar masyarakat, pembangunan infrastruktur dasar, dan peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur menuju Good Governance.

Wakil Bupati juga mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang telah diberikan oleh masyarakat. Selanjutnya, Wakil Bupati meminta seluruh Kepala OPD untuk menindaklanjuti hasil dari Musrenbang ini agar pembangunan di Kabupaten Melawi dapat segera dilakukan. Dirinya juga berharap pada tahun 2024 mendatang, pembangunan di Kabupaten Melawi dapat terus meningkat.

“Kepada semua Pimpinan OPD, segera rangkum, cermati, dan sesuaikan prioritas pembangunan Kabupaten Melawi kedepan berdasarkan hasil Musrenbang ini. Secara trend, IPM kita terus mengalami peningkatan, pengangguran semakin menurun, angka kemiskinan juga menurun. Indeks Desa Membangun juga mengalami kenaikan. Hasil positif ini harus kita teruskan dan tingkatkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum dalam arahannya meminta kepada seluruh jajaran Pemkab Melawi untuk bekerja berdasarkan data yang valid agar program-program yang dilaksanakan kedepannya akan berjalan dengan baik.

“Berdasarkan data indikator yang ada, progressnya semua ada peningkatan. Dan Data adalah kunci dalam pembangunan. Tanpa adanya data yang valid, program tidak dapat terlaksana dengan baik. Saya berharap jajaran Pemkab Melawi bisa memiliki program validasi data yang baik”, ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur meminta seluruh jajaran Pemkab Melawi untuk berani melaksanakan inovasi daerah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang tertuang dalam 54 indikator Indeks Desa Membangun (IDM).

Menutup arahannya, Gubernur berharap melalui Musrenbang ini nantinya dapat tersusun program dan kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.