Pasukan Satgas Yonif 144/JY Sweeping Kendaraan di Perbatasan RI-Malaysia

oleh -107 views
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY saat melaksanakan sweeping kendaraan di jalan raya Desa Kapar, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu

MELAWINEWS.COM, KAPUAS HULU – Untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal di wilayah perbatasan antara RI dan Malaysia, pasukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan sweeping di jalan raya Desa Kapar, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Minggu (29/05/2022).

Letkol Inf Andri Suratman mengatakan, sweeping yang dilakukan diantaranya dengan memeriksa kelengkapan identitas pengendara dan surat kendaraan serta dokumen-dokumen resmi terhadap kendaraan yang memuat barang, termasuk kendaraan pribadi.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan dari dilaksanakan sweeping diantaranya agar masyarakat dapat melaksanakan peraturan yang berlaku dengan baik dan pemeriksaan dilakukan kepada seluruh kendaraan yang melintas melewati jalan raya.

Serda Doni, satu diantara prajurit TNI yang ikut di kegiatan sweeping tersebut menambahkan, bahwa sweeping ini bertujuan untuk mencegah kegiatan illegal seperti miras dan narkoba hingga warga yang melintasi batas secara illegal.

“Kami tidak akan memberi celah bagi siapapun, jika terbukti membawa barang illegal akan di proses dengan aturan yang berlaku. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai prosedural dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” tegas Serda Doni.

Sementara itu, Syamsul, warga setempat mengapresiasi atas kegiatan sweeping yang sering dilaksanakan prajurit Satgas.

Dia mengimbau kepada masyarakat jangan sekali-kali melakukan kegiatan illegal yang dapat merugikan masyarakat.