Lasarus Kritik Pemprov Soal Dana Pesparawi, Agenda Provinsi tapi Anggaran Lebih Kecil dari Kabupaten

oleh -174 views
Lasarus saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan Pesparawi Kalbar

MELAWINEWS. COM, Melawi – Anggota DPR RI Dapil Kalbar 2, Lasarus mengkritisi Pemprov Kalbar terkait alokasi anggaran kegiatan Pesparawi X Kalbar di Kabupaten Melawi. Di depan Wagub Kalbar, Ria Norsan dan ribuan peserta Pesparawi, Lasarus menyebutkan bahwa alokasi anggaran yang disediakan Kabupaten Melawi justru lebih besar ketimbang Pemprov Kalbar.

“Pesparawi ini kegiatan rutin Kemenag. Tapi dibiayai Provinsi Kalbar Rp 4 miliar. Saya tanya ke panitia, dari Kabupaten Melawi menyediakan Rp 7 miliar, ” kata saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan Pesparawi X Tingkat Provinsi Kalbar di Stadion Raden Tumenggung Setia Pahlawan, Senin (26/6).

Lasarus pun mempersoalkan ini mengingat Pesparawi yang dihelat di Melawi adalah agenda Provinsi. Tapi justru alokasi anggaran lebih besar disediakan oleh Melawi yang menjadi tuan rumah.

“Kenapa duit Kabupaten lebih besar dari Provinsi? Ini agenda Provinsi, tapi jadi beban berat Kabupaten. Ini masalah menurut saya, ” kata Ketua DPD PDI P Kalbar.

Sebagai wakil rakyat, Lasarus menilai ia berhak mengkritisi kebijakan terkait penganggaran kegiatan seperti ini. Ia menilai, untuk kedepan sudah seharusnya dana yang dialokasikan oleh Provinsi lebih besar dari Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Lasarus juga menyampaikan keinginannya membantu kontingen Pesparawi. Dimana setiap kabupaten ia membantu sebesar Rp 5 juta.

“Saya juga ingin berpartisipasi, semua kabupaten pasti menganggarkan dana untuk kesini. pertanyaan saya ke kontingen, cukup tidak itu. Kita datang kesini untuk memuji Tuhan. dalam beriman ada pengorbanan. Saya ingin membantu peserta. Ini saya sisihkan dari duit reses. Nanti diserahkan ke Ketua panitia untuk dibagikan ke masing-masing kontingen, ” katanya.