Jelang Pesparawi Kalbar, Melawi Bersiap Sambut Ribuan Peserta

oleh -363 views
Wabup sekaligus Ketua Pesparawi Kalbar didampingi pengurus LPPD menyampaikan persiapan perhelatan Pesparawi Tingkat Provinsi Kalbar di Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) X Tingkat Provinsi Kalbar 2023 tinggal menghitung hari. Kabupaten Melawi sebagai tuan rumah bekerja keras menyiapkan pelaksanaan Pesparawi yang akan diikuti dua ribuan peserta dari 14 kabupaten/kota di Kalbar.

Wakil Bupati Melawi yang juga sebagai Ketua Umum LPPD Melawi, Kluisen dalam konferensi pers di Warkop Aming, Senin (19/6) menyampaikan progres persiapan di lapangan. Pesparawi yang direncanakan bakal dibuka langsung Gubernur Kalbar, dimulai pada 25 Juni hingga 1 Juli mendatang.

“24 Juni, kontingen dari 13 kabupaten/kota akan datang ke Melawi. Kita sebagai tuan rumah pun siap menyambut. Pembukaan digelar pada 26 Juni di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh. Sementara perlombaan dilaksanakan pada 28 Juni – 29 Juni di tiga lokasi yakni Gedung Melawi Gloria Center, Gereja GKKB serta Gedung Serbaguna,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kluisen memaparkan, sebelum pembukaan akan ada karnaval yang diikuti masing-masing kontingen serta ibadah KKR pada Senin (26/6) sore sebelum seremoni pembukaan di Stadion Raden Temenggung. Pesparawi X Kalbar yang mengangkat tema “Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan (Mazmur 150:6) digelar dengan 12 kategori lomba yakni Musik Gerejawi Nusantara, Musik Pop Gerejawi, Paduan Suara Anak, Paduan Suara Pria, Paduan Suara Wanita, Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Remaja, Solo Anak 7-9 tahun, solo Anak 10-13 tahun, Solo Remaja Putri, Solo Remaja Putra dan Vocal Grup.

“Kita berharap bisa mensukseskan kegiatan dengan baik, aman dan lancar. Walau ini kegiatan umat Kristen, tapi lintas Ormas semua kita libatkan dalam kepanitiaan. Kepala dinas dilibatkan sebagai bapak angkat kontingen. Karena ini juga demi nama kabupaten Melawi,” paparnya.

Ketua Harian Pesparawi, Bemban menyampaikan, salah satu yang mungkin menjadi persoalan adalah keterbatasan hotel dan penginapan di Kota Nanga Pinoh. Panitia terpaksa menginapkan peserta di gedung-gedung sekolah.

“Mungkin akan ada kekecewaan karena mesti menginap di sekolah. Tapi ini sudah diupayakan pelayanan yang terbaik. Untuk air dan listrik kita upayakan semaksimal. Kamar hotel di Melawi hanya ada 400 kamar. Atau daya tampung hanya 800. Jadi hanya untuk tamu VIP,” terangnya.

Persiapan lainnya, lanjut Bemban, panitia sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Satpol PP serta petugas Dishub untuk kelancaran kegiatan. Termasuk pihak PLN dan PDAM untuk memastikan kelancaran pasokan listrik dan air.

“PDAM juga sudah berkomitmen agar pasokan air ke sekolah penginapan dan hotel akan aman,” katanya.

Bemban berharap dengan ribuan tamu yang datang selama Pesparawi Tingkat Kalbar bisa turut berdampak pada ekonomi masyarakat. Baik di sektor penginapan, hotel, maupun UMKM.

Pesparawi X Tingkat Provinsi Kalbar juga mengundang sejumlah artis nasional Anneth Delliecia serta Kezia Kaithlyn yang menghibur dengan lagu-lagu rohani di acara pembukaan. Diperkirakan akan ada 5 ribuan orang yang akan hadir dalam kegiatan ini, baik peserta hingga sekedar sebagai partisipan maupun official.