Fraksi NasDem Berharap Daerah Bisa Terapkan Lumbung Pangan

oleh -54 views
Penyampaian Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Melawi terhadap Raperda Tentang RPJMD Melawi 2021-2026

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Fraksi NasDem DPRD Melawi berharap, agar Pemerintah Daerah setempat bisa mewujudkan program lumbung pangan yang menjadi upaya ketahanan pangan bisa berlangsung secara berkelanjutan.

Menurut fraksi ini, hingga kini, di Kabupaten Melawi belum ada daerah yang dijadikan sebagai lumbung pangan, padahal daerah setempat memiliki potensi lahan pertanian yang sangat luas, termasuk potensi lahan tidur yang belum tergarap.

“Fraksi kami berharap ke Pemkab Melawi, agar program lumbung pangan jadi prioritas dan berkelanjutan untuk mewujudkan sistem ketahanan pangan di Kabupaten Melawi,” ujar juru bicara Fraksi NasDem DPRD Melawi, Tibay, saat penyampaian Pandangan Umum terhadap Raperda Tentang RPJMD Melawi 2021-2026 di Gedung DPRD Melawi, Rabu (4/8).

Fraksi ini mengatakan, lumbung pangan memiliki amanah yang harus dilaksanakan. Antara lain, penyerapan produk petani, hingga menekan harga produk-produk pertanian.

“Kepada pemerintah daerah kita minta agar bisa mengembangkan daerah di Melawi menjadi lumbung pangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya harus ada upaya lebih dari Pemerintah Daerah melalui instasi terkait untuk mengembangkan pertanian di Kabupaten Melawi,” ujar Tibay.

Dia meminta supaya Dinas Pertanian setempat harus bisa mengembangkan pertanian serta menciptakan inovasi baru disektor tersebut agar Melawi bisa menjadi lumbung pangan.

Ditambahkan, predikat Melawi sebagai lumbung pangan itu sudah sepatutnya terlaksana, lantaran sektor lahan pertanian yang sangat luas untuk pengembangan peningkatan pertanian.