Hadiri Pelantikan, Taufik: Kades Menjadi Sosok Panutan bagi Masyarakat

oleh -1 views
Foto bersama usai pelantikan kepala desa dihalaman rumah jabatan Bupati Melawi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Wakil Ketua DPRD Melawi, Taufik, mengharapkan kepada 111 Kepala Desa (Kades) di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Melawi yang telah di lantik periode 2021-2027 agar menjadi pelayan masyarakat dengan maksimal secara transparan.

Taufik mengajak para Kades baru itu untuk bisa menjadi sosok panutan bagi masyarakat di desanya masing-masing. Selain itu, harus dapat bersikap jujur, adil dan bijaksana, sebagaimana sumpah yang diucapkan.

Dikatakan politisi Partai Golkar itu, Kades merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Maka dari itu, Kades bersama BPD agar menyatukan pandangan dan tekad dalan melaksanakan pembangunan di desa dan memperhatikan hal – hal yang dapat menunjang pelaksanaan tupoksi selaku pemimpin desa.

“Semoga Kades yang baru dilantik dapat menjalankan amanah jabatan yang telah dipercayakan masyarakat. Bekerjalah sesuai dengan jabatan yang di emban dan mentaati aturan”.

“Bekerja Jangan melampaui batas diluar dari kapasitas sebagai Kades. Jaga keharmonisan dan jangan terpecah belah,” ujar Taufik, ditemui usai menghadiri pelantikan Kades tersebut oleh Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya UY, di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, Rabu (3/3).

Lebih lanjut dikatakan Taufik, Kades dan perangkat desa juga harus mampu mengelola keuangan desa secara akuntabel, transparan dan cermat berdasarkan kententuan aturan yang ada.

Taufik mengatakan, Pemerintah Desa wajib memberikan pelayanan dan pemberdayaan yang adil kepada masyarakat dan prinsip dasar yang harus dipegang dalam pembangunan desa.

Dijelaskan, Kades itu sebagai pelayan masyarakat, sehingga harus peka dalam memperhatikan kondisi masyarakatnya. Selain itu, juga terbuka kepada warganya.

“Pembangunan desa dilaksanakan atas musyawarah terbuka dulu mendengar aspirasi dari masyarakat. Kades harus mampu mewadahi serta mengakomodir serta melayani aspirasi masyarakat. Tidak memilah dan memilih dalam memberikan pelayanan dan pengabdian,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Taufik mengucapkan selamat kepada para Kades yang baru dilantik, dan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Kades selama mengabdi menjalankan tugas.