Hujan Picu Kerusakan Jalan, Alexsius : Jangan Salahkan Pemerintah

oleh
Prihatin kondisi ruas jalan protokol Nanga Pinoh, NasDem Melawi timbun jalan berlubang di beberapa titik dengan tanah dan batu

MELAWINEWS.COM – MELAWI – Kondisi rusak dan berlubang cukup dalam dan lebar bermunculan di sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Melawi.

Anggota DPRD Melawi dari Fraksi Partai NasDem, Alexsius, mengatakan, curah hujan cukup tinggi yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir serta padatnya arus lalu lintas, mempercepat kerusakan jalan semakin meluas dan membahayakan pengguna jalan. 

Kondisi jalan yang banyak berlubang ini, antara lain terdapat di ruas jalan protokol kota Nanga Pinoh yang merupakan berstatus jalan provinsi.

Dia menyebutkan, perbaikan atau penambalan jalan berlubang sebenarnya sudah rutin dilakukan baik dari pemerintah setempat maupun para dermawan.

“Namun, karena sering diguyur hujan kian memperparah kondisi jalan berlubang semakin dalam dan melebar. Hari ini kami dari Partai NasDem menimbun jalan berlubang itu dibeberapa titik,” kata Alexsius, Minggu (4/10).

Ia pun menyayangkan kondisi jalan rusak, bahwa masyarakat selalu menyalahkan pemerintah setempat, padahal juga dipicu karena guyuran hujan yang sering melanda daerah itu.

“Walaupun status jalan provinsi, namun, Pemerintah Kabupaten Melawi juga sudah berupaya menambal jalan berlubang ini dengan batu dicampur tanah,” ujarnya.

Ia menambahkan, informasi di dapat dari Pjs Bupati Melawi, Hj. Linda Purnama, bahwa Pemprov Kalbar tahun 2020 ini mengalokasikan dana perawatan jalan dalam kota Nanga Pinoh hingga ruas Jalan Provinsi Sayan-Sokan sebesar Rp 2,7 miliar.