Jarot: Dari 335 Koperasi Hanya 165 Yang Sehat

oleh
Bupati Sintang saat meresmikan KUD

MELAWINEWS.COM,SINTANG. Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Kantor Koperasi Unit Desa (KUD) Harapan Jaya, Desa Dak Jaya, Kec. Binjai Hulu, Sabtu (8/8/2020).

Turut hadir dalam acara peresmian ini, Kepala Dinas Perindagkop & UKM Kab. Sintang, unsur Forkopimcam Binjai Hulu dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan jumlah Koperasi di Kabupaten Sintang saat ini ada 335, namun dari jumlah tersebut, koperasi yang sehat hanya 165, sementara yang 170 seperti hidup segan mati tak mau, bahkan ada yang tidak pernah melaksanakan rapat anggota tahunan atau RAT.

“Akhirnya dengan mohon maaf sekitar 80an sudah kita tutup, jadi 165 tu yang sehat. Dari 165 itu, yang terbaik itu KUD harapan jaya ini karena jadi contoh gerakan koperasi”kata Jarot

“Sehingga inilah cotoh dari pengejawantahan dari pasal 33 UUD 1945, sebagai usaha bersama dan di selenggarakan dengan gotong royong”tambahnya.

Jarot pun memberikan apresiasi keberadaan kantor KUD Harapan Jaya yang di bangun cukup megah. Untuk itulah ia meminta dengan telah memiliki kantor seperti ini, harus diikuti dengan kualitas kinerja pelayanan yang lebih baik lagi. Sehingga KUD Harapan Jaya ini semakin jaya.

“Sekarang ni, koperasi harus pandai berkreativitas dan berinovasi. Misal pelayanan secara online”pesan Jarot.

“Cara pelayanan ditingkatkan, jenis usaha di kembangkan, mudah-mudahan koperasi ini semakin baik”harap Jarot.

Ketua KUD Harapan Jaya, Supriyadi, mengatakan sangat bersyukur pembangunan kantor KUD Harapan Jaya yang menelan anggaran sekitar 1,3 miliyar rupiah ini telah selesai. “Sebenarnya bulan april 2020 kemarin mao di resmikan, karena pada saat itu sedang hangat-hangatnya covid-19, sehingga kami tunda”kata Supriyadi.

Supriyadi menjelaskan tujuan dari pada pembangunan kantor KUD ini semata-mata keinginan kami agar anggota ini bisa lebih baik, sejahtera, dan mudah-mudahan warga juga turun merasakannnya.

“Saya yakin bukan anggota saja bisa merasakan, tapi yang bukan anggota koperasi juga bisa ikut merasakan. Ketika jalan disini belum aspal, ada jalan rusak, koperasi harapan jaya punya alat berat kami senantiasa memperbaikinya”jelas Supriyadi.

Selain itu juga, Supriyadi mengungkapkan bahwa KUD Harapan Jaya saat ini memilik beberapa unit kendaraan truck dan juga kendaraan ambulance. Untuk kendaraan Ambulance tidak hanya bisa di gunakan oleh anggota saja tapi juga bagi masyarakat setempat yang ingin menggunakan untuk membawa keluarga dan siapa saja yang sakit atau ada warga yang meninggal dunia, dengan tidak di punggut biaya pembayaran atau gratis.

“Kami punya mobil ambulance pak bupati. Tidak di peruntukan untuk anggota saja, tapi yang bukan anggota juga turut bisa merasakan jasa ambulance kami. Tidak kami pungut biaya pak, alias kami gratiskan”beber Supriyadi.

Sementara itu Camat Binjai Hulu, Kusnidar yang turut hadir dalam acara peresmian KUD Harapan Jaya ini, juga turut memberikan apresiasi kantor yang dibangun cukup megah ini. Sehingga Kusnidar pun berharap pelayanan kepada anggota terus di tingkatkan. “Masyatakat yang menjadi angggota benar-benar mendapat hak yang baik. Dan juga sebagai anggota harus menjalan kewajibannya sebagai anggota, karena kekuatan koperasi itu ada pada anggota”kata Kusnidar.

“Oleh karena itu, KUD ini harus memberikan pelayanan yang baik. Terlebihkan KUD Harapan Jaya ini sebagai koperasi terbaik di Kalbar”ungkap Kusnidar.

Selain itu, Kusnidar juga berharap seluruh pengurus dan anggota koperasi tetap terus bersinergi membesarkan KUD Harapan Jaya ini. Kemudian harus meningkatkan pelayanan tidak hanya pada satu sektor saja tapi juga bisa merambat ke sektor lainnya.

“Selamat buat KUD Harapan Jaya. Tentu memberikan multi efek bagi kecamatan binjai hulu. Dan bagi koperasi yang lain bisa menjadi motivator untuk tetap berdiri teguh, berjuang menjadi koperasi yang sehat” harap Kusnidar.

“Tentunya tujuan utama koperasi itu untuk mensejahterakan angggotanya, meningkatkan ekonomi rakyat. Dan tetap bersinergi dengan pemerintah serta dengan Non government organizations atau NGO yang lainnya”tungkas Kusnidar.