Masih Banyak Evaluasi, DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPj Bupati Melawi

oleh
Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, didampingi Wakil Ketua, Hendegi Januardi UY, menyerahkan rekomendasi LKPj Bupati Melawi 2019 kepada Bupati Melawi, Panji

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – DPRD Melawi, menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi hasil pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pemkab Melawi Tahun 2019 kepada Bupati Melawi, Rabu (20/5).

Bertempat di ruang sidang paripurna DPRD, rapat di pimpin Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, didampingi Wakil Ketua Hendegi Januardi UY, dihadiri Bupati Melawi, Panji.

Pelaksanaan rapat paripurna ini dilaksanakan secara terbuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Paripurna juga di ikuti anggota dewan melalui aplikasi zoom. Sedangkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti rapat paripurna melalui jalur online di unit kerjanya masing-masing.

Paripurna tersebut ditandai dengan penyerahan Keputusan DPRD Melawi tentang rekomendasi atas LKPj Bupati Melawi tahun 2019 kepada Bupati Melawi, Panji.

Sejumlah point rekomendasi yang diberikan oleh DPRD Melawi kepada Bupati Melawi merupakan pembenahan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Ketua Pansus LKPj 2019 Bupati Melawi, Edysun Bundajono, saat membacakan hasil catatan rekomendasi diantaranya meminta Bupati Melawi untuk melakukan terobosan baru dalam peningkatan PAD dari berbagai sektor.

Rekomendasi lain, mendata sekolah yang masih kekurangan tenaga guru, yang mengakibatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia menjadi lemah.

Tak hanya itu, DPRD juga merekomendasikan pemberdayaan UKM di Melawi.

Selain rekomendasi itu, juga disampaikan rekomendasi peningkatan bidang indikator ekonomi dan kesehatan serta bidang kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah rekomendasi lainnya yang menjadi perhatian pemerintah setempat, adalah pemanfaatan Dana Desa mesti tepat sarsaran.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji menerangkan, bahwa catatan rekomendasi strategis dari DPRD Melawi akan dijadikan pertimbangan sebagai acuan kinerja tahun anggaran berikutnya.

Menyikapi beberapa rekomendasi tersebut, Bupati Panji sangat menghargai dan merupakan wujud kepedulian DPRD terhadap kinerja Pemkab Melawi.

Panji menambahkan, saran dan rekomendasi dari DPRD akan ditindaklanjuti Pemkab Melawi ke depan.

“Karena itu, saran dan masukan ataupun kritikan yang tertuang dalam poin-poin catatan rekomendasi akan ditindaklanjuti demi optimalisasi kinerja Pemkab Melawi ke depan.