Deklarasi Desa ODF, Widya: Satu Langkah Menuju Kabupaten Stop BABS

oleh
Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, saat prosesi penyambutan menghadiri deklarasi ODF Desa Plampai Jaya

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) Desa Plampai Jaya, Kecamatan Ella Hilir, Selasa (3/3/20).

Deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan (BABS) menjadi kesepakatan bersama seluruh warga di Desa Plampai Jaya untuk lebih mempedulikan kesehatan.

Widya Hastuti mengungkapkan, ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak BABS. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi kehidupan warga setempat, terutama terkait dengan kesehatan warga.

Ia menjelaskan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses.

Politisi Partai NasDem itu pun mengapresiasi Desa Plampai Jaya yang sudah berani deklarasi stop BABS, sembari berharap agar komitmen masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) benar-benar di implementasikan.

“Semoga di ikuti desa-desa lain yang belum. “Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan Desa Plampai Jaya menjadi desa ODF,” tutur Widya.

Menurut Widya, deklarasi ODF sebenarnya tidak lah perkara sulit untuk dituntaskan, bila ada kemauan kepala desa dan masyarakat setempat. Sehingga kedepan masyarakat Kabupaten Melawi stop BABS.