Lantik 49 Kades Terpilih, Bupati Dadi Tegaskan Segera Jalankan Visi dan Misi Membangun Desa

oleh -243 views
Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan tamu undangan foto bersama dengan kades yang dilantik

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melantik dan mengambil sumpah 49 Kepala Desa (kades) terpilih hasil Pilkades serentak Tahun 2022 di 10 kecamatan.

Pengambilan sumpah dan pelatikan kades terpilih periode 2022-2028 tersebut dilaksanakan di Halaman Rumah Jabatan Bupati Melawi, Kamis (22/12/2022).

Kepada 49 kades yang baru dilantik, Bupati Dadi dalam sambutannya meminta dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan kewenangan yang amanah, adil, jujur dan bermartabat.

Dadi menyampaikan, Pemerintah Desa sebagai unsur terdepan harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat efektif dan efisien hingga mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting seiring perkembangan teknologi dan juga dinamika dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Desa dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat Pemerintah Desa menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah.

“Saya berpesan atau mengingatkan kepada kades yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya untuk benar-benar menghayati sumpah janji yang telah diucapkan dalam menjalankan tugas sebagai kades,” pesannya.

Ditegaskan, kades tidak akan menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya untuk dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat dan pemerintah, karena jabatan yang diemban merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, Bupati juga berpesan dalam melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus mengacu dan berpedoman kepada undang-undang serta peraturan yang berlaku ada mekanisme yang harus dilakukan.

Dadi juga menegaskan, kades yang sudah dilantik diharapkan bekerja sesuai aturan yang telah ditentukan, terutama peraturan tentang desa dan peraturan-peraturan yang ada di Pemerintah Daerah, agar nantinya para kades terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya dan berharap kades yang dilantik bekerja dengan sungguh-sungguh dan menjalankan visi dan misi yang telah diprogramkan.

“Segera lakukan, merangkul dan penyatuan mengeratkan kembali masyarakat serta tidak boleh membeda-bedakan antara yang memilih saudara atau tidak. Kepada istri atau suami kades saya minta untuk memberikan dukungan dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas-tugas kades khususnya PKK desa dan pemberdayaan perempuan,” pungkasnya.

Ditemui usai pelantikan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Melawi, Hasanudin, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes), Budiman menekankan setelah pelantikan sudah tidak ada lagi kubu-kubu pendukung calon kades lagi, semuanya adalah rakyat yang harus diayomi dan disejahterakan.

“Segera rangkul seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Ajak mereka untuk bergerak bersama membangun dan mensejahterakan desa,” pesannya.

Budiman menambahkan, pengambilan sumpah dan pelantikan para Kades terpilih akan menjadi akhir dari seluruh tahapan Pilkades Serentak tahun 2022 ini.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut antara lain, Wakil Bupati Melawi Kluisen, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Sekda Melawi Paulus, Wakil Ketua DPRD Melawi Hendegi Januardi Usfa Yursa, Ketua TP PKK Melawi Raisya Sabrina, Forkopimda, camat, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Berikut nama-nama 49 Kades di 10 kecamatan yang dilantik :

(1). Kecamatan Belimbing :

1. Kades Batu Buil, Abangsyah. 2. Kades Batu Nanta, Pitrus Bujang. 3. Kades Tekaban, Arifin. 4. Kades Balai Agas, Irwansyah. 5. Kades Nusa Kenyikap, Marsius. 6. Kades Sepan Tonak, Antonius Sugeng. 7. Kades Upit, Lapin. 8. Kades Belonsat, Supinus Enteng.

(2). Kecamatan Belimbing Hulu :

1. Kades Nanga Keberak, Holik. 2. Kades Nanga Tikan, Keleb. 3. Kades Beloyang, Yosef Firminus Rusnadi.

(3). Kecamatan Ella Hilir :

1. Kades Nanga Kempangai, Jahari.

(4). Kecamatan Menukung :

1. Kades Nanga Melona, Obertus. 2. Kades Nanga Siyai, Siyento. 3. Kades Laman Mumbung, Antonius. 4. Kades Nanga Keruap, Muhammad Ali Shodikin.

(5). Kecamatan Nanga Pinoh :

1. Kades Tembawang Panjang, Saimin. 2. Kades Tanjung Sari, Epiyantono.

(6). Kecamatan Pinoh Utara :

1. Kades Manding, Randai. 2. Kades Tekelak, Ali Akbar. 3. Kades Merah Arai, Indro Wibowo.

(7). Kecamatan Sayan :

1. Kades Nanga Sayan, Bambang Surianto. 2. Kades Pekawai, Herpendi. 3. Kades Landau Sadak, Edi Rustendi. 4. Kades Madya Raya, Joko Tison. 5. Kades Kerangan Purun, Muhammad Hidayat. 6. Kades Bora, Pencon. 7. Kades Nanga Pak, Siani.

(8). Kecamatan Sokan :

1 Kades Tanjung Sokan, Efendi Suprianto. 2. Kades Gelata, Iskandar. 3. Kades Nanga Libas, Budiman. 4. Kades Telaga Raya, Asin. 5. Kades Teluk Pongkal, Andreas Seren. 6. Kades Penyengkuang, Petrus Asís. 7. Kades Sepakat, Edi Supriadi.

(9). Kecamatan Tanah Pinoh :

1. Kades Loka Jaya, Abang Muhammad Taufik. 2. Kades Suka Maju, Kaka Hendra. 3. Kades Bina Jaya, Elekensi. 4. Kades Madong Raya, Anurudin. 5. Kades Tanjung Beringin Raya, M. Ali. 6. Kades Pelita Kenaya, Yohanes Yafet. 7. Kades Maris Permai, Efraim. 8. Kades Keranjik, Adi Irawan. 9. Kades Tanjung Gunung, Inoh Abu Gito. 10. Kades Bata Luar, Marsilius Joko Supriyanto.

10. Kecamatan Tanah Pinoh Barat :

1. Kades Ulak Muid, Sapudin. 2. Kades Harapan Jaya, Sudarmono. 2. Kades Bukit Raya, Kipno Putra. 3. Kades Ganjang, Maelen Tenti.