DPRD Melawi Kunjungi dan Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Menukung

oleh -158 views
Unsur pimpinan dan anggota DPRD Melawi mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Rumah Betang di Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung

MELAWINEWS COM, MELAWI – Pimpinan dan anggota DPRD Melawi mengunjungi rumah betang Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak Kecamatan Menukung, Senin (4/4). Dipimpin Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti, mereka menyerahkan bantuan sembako untuk meringankan beban keluarga yang kini harus kehilangan tempat tinggal akibat musibah kebakaran akhir pekan lalu.

Widya Hastuti datang bersama Wakil Ketua DPRD Melawi, Hendegi Januardi UY serta anggota DPRD Dapil Ella- Menukung, Yoseph Fery Chin. Menempuh perjalanan darat puluhan kilometer dengan kondisi geografis yang cukup menantang, rombongan akhirnya tiba di lokasi kebakaran.

Widya Hastuti kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis yang diterima langsung Camat Menukung, Bujang didampingi Kades Batu Badak, Damianus Enus.

“Bantuan yang kami serahkan sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan atas musibah kebakaran yang menimpa 27 KK yang tinggal di Rumah Betang ini,” katanya.

Widya mengatakan bantuan berupa mie instan, air kemasan hingga beras tentunya tidak seberapa nilainya. Namun harapannya, dapat membantu keluarga yang menjadi korban musibah kebakaran tersebut.

“Kedepan semoga bisa disiapkan bantuan untuk jangka panjang, mengingat tak hanya rumah betang, tapi juga hasil ladang yang ikut terbakar habis,” katanya.

Terkait rumah betang yang menjadi cagar budaya, khususnya dari etnis Dayak di Kecamatan Menukung, Widya mengatakan DPRD berkomitmen melestarikan cagar budaya (rumah betan) ini, sehingga bisa dibangun kembali dari anggaran pemerintah daerah.

“Pada tahun anggaran 2022 sebenarnya sudah dianggarkan untuk direnovasi dan tinggal menunggu pelaksanaan kegiatan, tapi sayangnya musibah tidak bisa di tolak sehingga tidak bisa di realisasikan pelaksanaan kegiatan tersebut,” katanya.

Widya pun berharap pada tahun anggaran 2023 bisa di anggarkan kembali untuk pembangunan rumah betang di dusun Laman Oras Desa Batu Badak Kecamatan Menukung. Mengingat fungsi rumah betang tidak hanya sebagai tempat tinggal puluhan masyarakat, tapi juga menjadi bagian warisan budaya dari Kabupaten Melawi.