Peringati Hari Jadi Kabupaten Melawi, Bupati Akui Masih Banyak PR

oleh -120 views
Bupati Melawi menyerahkan potongan tumpeng pada tokoh pemekaran Melawi dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Melawi ke 18 di Kantor Bupati

MELAWINEWS.COM, Melawi – Kabupaten Melawi merayakan hari jadi ke 18 yang jatuh tepat pada Sabtu, 18 Desember kemarin. Peringatan Hari Jadi Melawi digelar melalui upacara serta Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Melawi.

Kabupaten Melawi dibentuk bersama dengan Kabupaten Sekadau melalui Undang-undang nomor 34 tahun 2003. Banyak pembangunan yang berjalan sepanjang 18 tahun ini. Namun, masih banyak pula pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan terkait pembangunan infrastruktur, sektor pertanian, pendidikan dan layanan kesehatan.

“Harus kita akui bersama bahwa masih banyak “pekerjaan rumah” yang harus kita selesaikan,” kata Bupati Melawi, Dadi Sunarya saat menyampaikan pidato dalam Paripurna Istimewa di DPRD Melawi.

Dadi menyebut, pekerjaan rumah terkait kemiskinan, pengangguran dan lapangan kerja, kualitas sumber daya manusia, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan jaminan kesejahteraan sosial serta peningkatan infrastruktur akan kami upayakan sehingga mengalami peningkatan.

“Ini menjadi komitmen kami sebagai bupati dan wakil bupati, tentunya dengan selalu mengharapkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat dan keterlibatan aktif seluruh komponen pihak-pihak terkait dalam pembangunan di kabupaten melawi, dalam mewujudkan cita-cita pembangunan kabupaten melawi yang maju dan sejahtera, dengan mengusung visi mewujudkan Kabupaten Melawi Adil – Pantas – Hebat dan berlandaskan gotong royong,” ujarnya.

Dadi mengatakan memperingati hari jadi Kabupaten Melawi, setiap tahun sekali, memiliki makna yang cukup dalam, bahwa kita tidak ingin melupakan sejarah dan senantiasa kita dapat menyikapi secara arif keadaan masa kini serta memproyeksikannya ke depan untuk perubahan yang lebih baik.

“Dengan peringatan Hari Jadi ke 18, saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum didalam merencanakan dan melaksanakan apa yang belum dilakukan untuk masa mendatang tentunya dengan dilandasi semangat juang dari pendahulu kita, yang telah memperjuangkan Terbentuknya Kabupaten Melawi ini,” pesannya.

Dimasa kepemimpinannya, Dadi mengungkapkan sejumlah prestasi telah dicapai oleh Pemkab Melawi. Mulai dari Raihan opini WTP dari BPK RI atas LKPD 2020, hingga prestasi lainnya yang dianugerahkan Pemerintah pusat dan provinsi. Disisi lain pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jembatan melawi 2 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. Termasuk Jembatan Kebrakdi tahun 2022. selanjutnya perbaikan ruas jalan juga terus akan diupayakan.

Di bidang kesehatan, pemerintah daerah berhasil mengendalikan Pandemi Covid-19. capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 53,10 persen , Pemkab juga akan kejar capaiannya sesuai target pemerintah untuk dosis pertama sebanyak 70 persen.

“Begitupun terkait permasalahan stunting dan kesehatan lainnya, pemerintah daerah akan terus berupaya melakukan pembangunan infrastruktur kesehatan yang merata agar permasalahan kesehatan tersebut bisa teratasi. Pemerintah juga terus berupaya melakukan pembangunan di bidang pertanian, pendidikan, dan peningkatan pelayanan publik,” janjinya.