Camat Nanga Pinoh Minta Desa Segera Selesaikan Dokumen RPJMDES

oleh -75 views
Evaluasi penyusunan RPJMDES desa Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi, melaksanakan evaluasi Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes) pada Rabu (13/10), di aula Kecamatan Nanga Pinoh.

Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana RPJMDes yang telah dibuat pemerintah desa, khususnya bagi desa yang dipimpin oleh kepala desa baru.

“Ada 14 desa yang sedang menyusun RPJMDES, antara lain, Desa Tanjung Tengang, Sidomulyo, Labai Mandiri, Paal, Tanjung Niaga, Tanjung Lay, Baru, Tebing Karangan, Semadin Lengkong, Nusa Pandau, Nanga Kebebu, Kelakik, Nanga Kayan dan Kenual,” kata Kasi Pemerintahan Kecaman Nanga Pinoh, Yulianda Kurniawan.

Camat Nanga Pinoh, Halma Trsino mengungkapkan, sedianya desa-desa yang tengah menyusun RPJMDes ini sudah rampung jika mengacu pada aturan, namun sejauh ini belum ada desa yang menetapkan RPJMDes.

“Bagi desa yang sudah menyelesaikan dokumen RPJMDes kami ucapkan terimakasih, bagi yang sudah menyusun segera dipercepat dan bagi yang belum diharapkan menyesuaikan,” kata Camat Nanga Pinoh Halma Trisno.

Halma Trisno, mengatakan untuk memulai pembangunan yang baik, dibutuhkan perencanaan yang baik pula. Namun jika tidak konsisten dan mengacu pada RPJMDes maka apa yang menjadi visi-misi kepala desa tidak akan tercapai.

“Dulu visi-misi kepala desa apa saat kampanye, nah kalau tidak tersusun dengan baik dalam RPJMDes maka tidak mungkin pembangunan yang dijanjikan bisa terwujud,” katanya.

Sementara itu Kabid Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Melawi, Zulkifli berharap, RPJMDes yang sedang disusun oleh pemerintah desa ini diharapkan selasar dengan RPJMD pemerintah kabupaten.

“Dari desa selaras dengan kabupaten, kabupaten bisa sesuai dengan provinsi dan provinsi bisa mengacu pada pusat, jadi apa yang menjadi harapan pemerintah itu bisa terwujud, tidak jalan sendiri-sendiri,” katanya

Dalam kegiatan tersebut materi tentang RPJMDee diberikan oleh Tenaga Ahli Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Melawi, hadir juga Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.