Tinjau Jembatan Melawi 2, Panji Pastikan Lanjutan Pembangunan Dianggarkan Di APBD 2021

oleh -20 views
Bupati Melawi Panji bersama rombongan meninjau pembangunan jembatan Melawi 2

MELAWINEWS.COM, Melawi – Bupati Melawi, Panji meninjau pembangunan Jembatan Melawi 2, Rabu (30/12). Panji memastikan penyelesaian jembatan penghubung Kecamatan Nanga Pinoh dan Pinoh Utara ini masuk dalam APBD Melawi Tahun 2021.

Peninjauan proyek jembatan Melawi 2 turut dihadiri Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Lo Kodim Sintang Mayor Arh Eddy Winarno, Sekda Melawi, Paulus serta sejumlah kepala dinas dan pihak pelaksana pembangunan jembatan Melawi 2.

Bupati Panji dalam kesempatan tersebut mengatakan selain meninjau dan mengecek pekerjaan pembangunan lanjutan jembatan Melawi 2, akan dilakukan kegiatan serah terima pekerjaan setelah masa kontrak selesai dan pekerjaan selesai

“Jembatan ini sempat mangkrak hampir 14 tahun. Di masa kami berdua, jembatan ini masuk RPJMD. Jembatan dibangun dengan pola tahunan. Setiap tahun anggaran dimasukkan sesuai kemampuan keuangan daerah,” katanya di depan para undangan.

Panji turut memastikan dalam APBD Melawi tahun 2021 sudah dianggarkan lanjutan pembangunan jembatan Melawi 2. Tinggal pengaspalan ujung jembatan di sebelah Pinoh Utara yang belum masuk karena keterbatasan anggaran.

“Siapapun yang tampil saya kira tidak ada lagi persoalan untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” ujarnya.

Jembatan Melawi 2 sendiri menurut Panji dinilai sangat penting untuk mempercepat pembangunan, khususnya di Kecamatan Pinoh Utara. Selain itu, kata dia, secara ekonomi perputaran uang di Nanga Pinoh diyakini juga akan meningkat. Sangat mudah nantinya masyarakat beraktivitas secara ekonomi. Usaha perkebunan dan usaha Masyarakat di sektor pertanian akan ikut terdampak.

“Bahkan kecamatan di Sintang seperti Serawai, Ambalau hingga Kayan Hulu juga akan menjadikan Nanga Pinoh sebagai pusat ekonomi. Kedepan tiga kecamatan ini juga akan lebih mudah. Transportasi juga akan semakin intens,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Melawi, Makarius Horong memaparkan pagu anggaran Pembangunan jembatan Melawi 2 sebesar Rp 27,5 miliar pada 2020. Pelaksanaan lanjutan pembangunan jembatan yakni PT Semesta Tunggal Perkasa dengan kontrak sebesar Rp 27,06 miliar.

“Dari Rp27 miliar, pengadaan rangka dan mobilisasi yang terbanyak. Total empat bentang rangka baja dengan total 240 meter. Lebar jembatan 7 meter. Pengadaan rangka sudah selesai sebelum kontrak selesai,” paparnya.

Pada 2020, kata Horong memang hanya difokuskan pada pengadaan rangka dan mobilisasi untuk pembangunan jembatan Melawi. Seluruh rangka sudah tiba sebelum masa kontrak selesai. Ini tidak menjadi masalah.

“Walau pengadaan sudah selesai, tanggung jawab pelaksana masih ada yakni enam bulan hingga masa kontrak berakhir. Jika ada kekurangan bahan atau hilang, maka ini masih tanggung jawab pelaksana,” katanya.

Dijelaskan Horong, setelah rangka baja ada di lokasi, maka tahun depan tinggal pemasangan. Telah dianggarkan Rp16,2 miliar untuk lanjutan penyelesaian jembatan. Ia juga memastikan jika tidak ada halangan, jembatan sudah fungsional pada 2021.

“Kalau cepat perbup APBD, maka cepat kita lakukan pelelangan. Silahkan nanti perusahaan ikut lelang, hanya memang khusus perusahaan yang punya kapasitas dan kemampuan pemasangan rangka baja jembatan Melawi 2,” ucapnya.