Reses di Sintang Cornelis Minta Forkopimda Sukseskan Pilkada

oleh
Anggota DPR RI Dapil Kalbar Cornelis saat melakukan reses di kabupaten Sintang

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Pjs Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si Terima Kunjungan Kerja Anggota Komisi II DPR RI Cornelis, di Pendopo pada tanggal (15/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, SH, MH, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Pelaksana Tugas Kapolres Sintang AKBP Imam Riyadi.

Kunjungan kerja Drs. Cornelis, MH anggota Komisi II DPR RI ke Kabupaten Sintang tersebut dalam rangka reses. Dalam kesempatan tersebut Cornelis meminta forkopimda Sintang agar selalu kompak dan bekerja keras mensukseskan seluruh tahapan pilkada Sintang, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan melakukan langkah antisipasi bencana alam.

Dia juga menyampaikan bahwa seluruh masyarakat hendaknya membiasakan diri dengan new normal.

“Dulu orang ngomong sambil pakai masker, dianggap tidak sopan. Sekarang kan tidak. Itu harus kita lakukan. Dan itulah new normal. Sesuatu yang baru. Masyarakat juga jangan mudah tersinggung kalau ditegur oleh aparat atau tim satgas. Karena aparat bermaksud melindungi masyarakat. Saya kesini untuk memonitor tahapan pilkada dan penertiban protokol kesehatan. Saya minta Pemkab Sintang, KPU, Bawaslu dan Forkopimda agar kompak mensukseskan seluruh tahapan pilkada ini” pesan Cornelis

Cornelis juga hendak memastikan bahwa Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkada sesuai PKPU nomor 13 Tahun 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19. Seluruh penyelenggaran pemilu harus mengutamakan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Oleh karena itu saya mengecek persiapan yang yang dilakukan oleh pemerintah, TNI-Polri, KPU dan Bawaslu, termasuk kesiapan paslon, apakah mereka kampanye sesuai prosedur atau tidak. Hasil pantauan saya, memang persiapan sangat matang luar biasa, kita berdoa jangan sampai Pilkada jadi klaster baru,” tambah Cornelis.

Penjabat Sementara Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si setelag mendengarkan arahan anggota Komisi II DPR RI tersebut melaporkan kondisi Kabupaten Sintang. Kata dia, Pilkada Sintang saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Dan setiap kampanye, satgas covid-19 selalu memantau.

“Kami selalu mengingatan tim sukses agar melaksanakan kampanye dengan menerapkan protokol kesehatan. Banjir juga saat ini sudah mulai surut. Ada 10 titik yang mengalami banjir dan sudah salurkan 20 ton beras stok cadangan kita,” katanya.

Kata dia, BMKG sudah memperkirakan akhir Oktober sampai Desember 2020, curah hujan akan tinggi lagi. Kami sudah membahas ini dengan berbagai langkah antisipasi. Desk Pilkada juga sudah melakukan rapat dalam rangka membantu distribusi logistik yang akan banyak melalui jalur sungai. Soal pencegahan covid-19 saat pilkada, kami akan melakukan rapid tes kepada sekitar 13 ribu petugas TPS yang ada di Kabupaten Sintang menjelang hari pencoblosan nanti. Akan kami lakukan secara bertahap, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Kami ingin memastikan, seluruh petugas pilkada, harus dalam keadaan sehat dan bebas corona pada waktu pencoblosan.
Soal penanganan covid-19 di Kabupaten Sintang, sejak saya berada di Sintang. Saya gencar memerangi hulunya dengan menegakan Perbup Nomor 60 Tahun 2020” katanya.

Satgas rutin melakukan razia. Cluster penyebaran covid-19 selama ini berasal dari luar. Kasus konfirmasi agak meningkat karena memang gencar melakukan pemeriksaan swab. Saat ini yang dirawat sudah mencapai 64 orang.

“Saya sudah meninjau rumah susun untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona, tetapi kita berdoa supaya jangan sampai diisi rusun tersebut. Tetapi kita harus melakukan persiapan. Kami bersama Forkopimda sangat kompak dalam menghadapi persoalan ini” terang Florentinus Anum.

Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, SH, MH menanggapi pesan anggota Komisi II DPR RI tersebut menyampaikan rasa senang dan bangganya karena mendapatkan arahan dan masukan dari Bapak Cornelis.

“Kami sudah sudah melaksanakan sinergisitas dan menjalankan tugas seperti dalam hal Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu. Itu semua sudah berjalan. Tim kejaksaan sudah ditempatkan untuk mengawal pilkada ini. Apresiasi kami juga kepada tim kesehatan, kami sudah di rapid tes. Itu semua dalam rangka pencegahan dini terhadap penyebaran covid-19 di lingkungan Kejaksaan Negeri Sintang. Terima kasih atas pencerahan yang sudah bapak berikan kepada kami hari ini” terang Imran