Relawan Berjibaku Evakuasi Korban Banjir, Angkut Orang Sampai Jenasah

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Luasnya genangan banjir di Kota Nanga Pinoh membuat masyarakat tak bisa bergerak leluasa. Bahkan tak sedikit warga yang terjebak di dalam rumah karena sekelilingnya sudah dipenuhi air.

Beruntung masih banyak relawan yang peduli untuk ikut ambil bagian membantu sesama. Seperti yang dilakukan Kelompok Pencinta Alam, Kepuak bersama sejumlah relawan lainnya.

Ketua Kepuak, Rihtar mengungkapkan, ia bersama sejumlah relawan lainnya bergerak sejak banjir mulai merendam Nanga Pinoh pada Minggu (13/9) lalu. Menggunakan tiga buah perahu, mereka membantu masyarakat yang harus dievakuasi karena tempat tinggalnya sudah terendam banjir.

“Tim yang gabung dalam kegiatan evakuas mulai dari Kepuak Melawi, FAJI Melawi, SEV Melawi. Jumlah personel sekitar 10 orang,” paparnya.

Rihtar memaparkan ada dua perahu karet dan satu perahu bermesin tempel 15 PK yang digunakan untuk mengevakuasi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Tim bergerak secara terpisah mulai dari Kampung Paal, Kelakik, Sidomulyo, Kampung Baru, Dusun Istana hingga Tanjung Tengang.

“Mulai dari orang yang sehat, orang sakit, bahkan ada yang minta bantu untuk membawa jenasah juga kita bantu. Ini semua demi kemanusiaan karena banjir yang begitu parah saat ini,” ujarnya.

Tim Relawan Kepuak dan FAJI membantu masyarakat untuk menyeberangi banjir

Bahkan, lanjut Rihtar, kemarin, tim relawan ini bekerja hingga Selasa (15/9) subuh. Saat ini sebagian besar relawan mesti beristirahat karena bergerak nyaris tanpa henti.

“Siang nanti rencananya lanjut lagi,” katanya.