Kawal Pilkades Serentak, Polres Melawi Terjunkan Ratusan Personel

oleh
Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Dedy F. Siregar

MELAWINEWS.COM, MELAWI -Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 26 Agustus 2020 di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, menjadi atensi Polres Melawi.

Untuk menjaga keamanan, Polres Melawi akan menerjunkan sekitar 195 anggota di 410 tempat pemungutan suara (TPS).

Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Dedy F. Siregar, menjelaskan, Pilkades akan digelar pada 111 desa di 11 kecamatan yang ada di Melawi.

Siregar mengatakan, Pilkades di 111 desa yang harus diamankan bukanlah jumlah yang sedikit. Maka diperlukan lebih banyak pasukan untuk mengamankan kontestasi politik tingkat desa itu.

“Jumlah petugas 195 tersebut juga akan dibantu back up anggota Polsek jajaran, maka, saat pelaksanaan pemungutan suara nanti, ada sekitar 300 lebih personel dilapangan dengan sistem pola pengamanan yang ditempatkan di TPS,” kata Siregar, ditemui di Mapolres Melawi, Kamis (6/8/2020).

Ia menjelaskan, untuk pengamanan mengawasi tiap-tiap TPS, Polisi akan menjaga 1 sampai 3 personel pada 1 TPS. “Maksimal mengawasi 4 TPS melibatkan 1 Polisi, jika situasi dinilai kategori aman,” ujar Siregar.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa pihaknya sudah siap mengantisipasi lokasi yang dianggap rawan melalui cipta kondisi masing-masing Polsek, baik sebelum, pada saat maupun pasca pelaksanaan Pilkades nanti. “Maka setiap anggota harus mempelajari wilayah tugas masing-masing dan mendeteksi potensi konflik,” terangnya.

Ia menegaskan, pada pola pengamanan yang dilakukan, ada tiga unsur yang dipastikan anggota, mulai dari pelaksana hingga dari proses perhitungan suara dan penetapan pemenang kepala desa di setiap wilayah.

Dikesempatan itu, Siregar mengimbau agar masyarakat menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai hati nuraninya masing-masing.

“Percayakan perhitungan suara dan penetapan calon kepala desa dengan suara terbanyak pada panitia Pilkades. Jika terjadi sesuatu hal diluar ketentuan, masyarakat jangan bertindak sendiri seakan-akan dia menjadi hakim di Pilkades tersebut. Serahkan kepada pihak keamanan, untuk menghindari potensi keributan,” pesannya.

Harapannya, tambah Siregar, Pilkades serentak di Kabupaten Melawi nanti dapat berjalan dengan sejuk, lancar, damai, demokratis dan menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas dan amanah.