28 Desa Ikuti Seleksi Tertulis Bacakades

oleh
Persiapan pelaksanaan seleksi tertulis bacakades di Gedung Serba Guna Nanga Pinoh, Selasa (17/3/20)

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi menggelar seleksi tes tertulis bagi bakal calon kepala desa (bacakades) di Gedung Serba Guna Nanga Pinoh, Selasa (17/3/20).

Tes tertulis digelar, lantaran pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi melebihi lima orang di tiap desa pada Pilkades Serentak 2020 yang dilaksanakan tanggal 20 April 2020 mendatang.

Kasi Kelembagaan dan Pengembangan Aparatur Desa DPMD Melawi, Julita, Selasa (17/3) mengungkapkan, sebanyak 208 Cakades yang mengikuti tes tertulis itu. Mereka berasal dari 28 desa.

Julita memastikan, seleksi tertulis akan berjalan transparan dan profesional. Sebab, seleksi juga langsung diawasi berbagai pihak dan tim penguji berasal dari akademisi universitas. “Hasil seleksi akan ditentukan tim penguji melalui perengkingan,” kata Julita.

Sementara, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Melawi, Iif Usfayadi, mengatakan, saat ini tahapan Pilkades memasuki tahap seleksi tes tertulis akademik tambahan bagi Bacakades yang lebih dari lima bakal calon.

Ia menegaskan, agar pelaksanaan seleksi tes tertulis ini berjalan sesuai dengan aturan, adil dan transparan.

“Semoga berjalan lancar, tertib dan aman. Mencegah jangan sampai terjadi permasalahan saat seleksi tes tertulis ini,” pungkasnya, Selasa (17/3/20).