Kemeriahan Perayaan Syukur 60 Tahun ALMA Putri dan 34 Tahun ALMA di Nanga Pinoh

oleh -123 views
Para pengurus Suster ALMA Nanga Pinoh dan pengurus ALMA Pusat bersama meniup lilin dalam Perayaan Syukur 60 tahun ALMA dan 34 tahun ALMA di Nanga Pinoh serta hari jadi SLB Bhakti Luhur ke 19

MELAWINEWS.COM, Melawi – Perayaan Syukur Hari Jadi ALMA ke 60 serta 34 tahun ALMA di Nanga Pinoh plus Syukur Hari Jadi SLB Bhakti Luhur Nanga Pinoh ke 19 digelar meriah di Susteran ALMA Dusun Serundung, Desa Tanjung Niaga, Nanga Pinoh, Jumat (8/9). Ratusan umat kristiani serta tamu undangan hadir bersama dalam Misa Syukur serta acara ramah Tamah yang turut dihadiri langsung Uskup Sintang, Mgr Samuel Oton Sidin dan Romo Jacques Bernard Gros, pendiri ALMA di Nanga Pinoh.

Perayaan Syukur yang diawali penyambutan Uskup dan rombongan pastor kemudian dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung Uskup Sintang. Sementara dalam acara inti, hadir Sekda Melawi, Paulus serta Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti dan mantan Bupati Melawi, Panji bersama istri.

Perwakilan ALMA Indonesia Sr. Maria Tukinem dalam sambutannya menyampaikan ALMA dan karyanya diterima baik oleh pihak gereja, pemerintah dan masyarakat di Melawi pada 15 Juni 1989. Sehingga genap 34 tahun ALMA berkarya di Nanga Pinoh.

“Pada 8 September 2023 ALMA Putri merayakan hari jadi ke 60, seluruh ALMA Indonesia dan Timor Leste juga merayakannya dengan penuh Syukur,” katanya.

Maria juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kerjasama oleh Uskup Sintang, Romo, Biarawan-Biarawati yang telah melibatkan anggota ALMA dalam rangka tugas pelayanan pastoral. Termasuk pada Pemkab Melawi yang telah membantu karya ALMA seperti perizinan dan Pembangunan gedung SLB serta panti asuhan Bhakti Luhur yang kini genap berusia 19 tahun.

“Terima kasih juga pada rekan kerja yang membantu dalam pelayanan para disabilitas baik di asrama maupun sekolah. Terima kasih orang tua yang telah mempercayakan kami dalam pengasuhan pendidikan dan perawatan disabilitas. Saya titip karya-karya ini tetap dapa berlanjut, maju dan profesional,” harapnya.

Sekda Paulus menerima potongan kue dari Suster dalam perayaan syukur 60 tahun ALMA dan 34 tahun ALMA di Nanga Pinoh

Sekda Melawi, Paulus yang hadir mewakili Bupati Melawi menyampaikan Suster ALMA telah berperan dalam mencerdaskan anak bangsa dengan membuka sekolah-sekolah, baik pendidikan formal maupun nonformal. Suster ALMA juga telah berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan membuka berbagai fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. selain itu, suster ALMA juga telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Khususnya dalam bidang pendidikan, Suster ALMA telah memberikan pelayanan yang luar biasa kepada anak-anak berkebutuhan khusus di kabupaten Melawi. ALMA telah membuka sekolah luar biasa (SLB) yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” katanya.

Paulus turut menyampaikan selamat atas hari jadi SLB Bakti Luhur Nanga Pinoh yang ke-19, dimana SLB Bakti Luhur telah memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak berkebutuhan khusus dengan menyediakan guru-guru yang profesional dan berdedikasi, serta fasilitas pendidikan yang memadai. SLB Suster Alma telah memberikan pelayanan pendidikan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak berkebutuhan khusus.

“Saya berharap, Suster ALMA dapat terus berkarya dan memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik lagi kepada anak-anak berkebutuhan khusus di kabupaten Melawi. dan Pemda Melawi akan selalu memberikan dukungan bagi SLB Suster ALMA,” katanya.

Uskup Sintang, Samuel Oton Sidin turut mengapresiasi karya para suster karena karya ini khas. Ia menyampaikan suster ALMA hadir karena panggilan dan menjadi penyalur kasih Tuhan kepada orang yang sangat membutuhkan kasih.

“Selamat berkarya ALMA di Melawi, Keuskupan Sintang mengapresiasi atas karya yang suster buat lewat institut pendidikan Bhakti Luhur. Hanya terima kasih yang bisa saya sampaikan atas karya ini. Kehadiran suster di Keuskupan Sintang adalah bagian dari kehadiran gereja,” katanya.

Samuel menilai, karya yang dihadirkan Suster ALMA merupakan bentuk mengungkapkan kasih kristus dengan cara yang khas. Gereja pun turut berbangga dan bersukacita atas apa yang telah mereka kerjakan .

Dalam Perayaan Syukur ini, selain diisi dengan kegiatan Misa dan Perayaan Ekaristi, turut tampil paduan suara, hingga penampilan anak-anak SLB Bhakti Luhur serta parade ALMA. Dipenghujung kegiatan, artis Tino Ame hadir menghibur tamu undangan.