IDM Melawi Naik, Tidak Ada Lagi Desa Sangat Tertinggal

oleh -190 views
Penghargaan diserahkan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, kepada Wakil Bupati Melawi, Kluisen, pada acara penandatanganan berita acara IDM Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 di Aula Garuda, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (04/07)

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2023 di Kabupaten Melawi terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2023 ini desa berkembang di Kabupaten Melawi turun menjadi 80 desa dari 91 desa pada tahun 2022.

Selain itu, desa maju meningkat menjadi 42 desa, naik dari 23 desa pada tahun 2022. Sementara desa mandiri juga meningkat menjadi 47 desa, naik dari 35 desa pada tahun 2022.

Atas pencapaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Melawi pun menerima piagam penghargaan sebagai kabupaten tercepat penyelesaian IDM tahun 2023, dan piagam penghargaan kepada Bupati Melawi atas prestasi kabupaten mengentaskan desa sangat tertinggal dan desa tertinggal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmidji, kepada Wakil Bupati Melawi, Kluisen, pada acara penandatanganan berita acara IDM Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023 di Aula Garuda, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (04/07).

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, dalam sambutannya mengatakan adanya status desa mandiri tersebut diharapkan nantinya akan mampu mempermudah setiap desa untuk mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Menurut Sutarmidji, sumber PAD ini diantaranya memperkuat BUMDes dalam penyediaan kebutuhan dan mampu menyalurkannya kepada masyarakat desa.

Dikesempatan itu, Sutarmidji meminta kepada setiap Pemerintah Desa untuk mampu menjalankan semuanya dengan indikator-indikator yang sudah ditentukan agar mampu memenuhi target yang diharapkan.

Ditemui usai kegiatan itu, Wakil Bupati Melawi, Kluisen, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi yang telah berhasil menyelesaikan pemutakhiran IDM tahun 2023 secara tepat waktu.

Kluisen merasa bersyukur dan mengapresiasi Pemerintah Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi karena saat ini sudah tidak ada lagi desa yang sangat tertinggal dan desa tertinggal.

“Ini patut kita syukuri serta apresiasi, dan semoga diikuti dengan kesejahteraan masyarakat di desa,” pungkas Kluisen.