Sekda Paulus Ingatkan Netralitas ASN dan Perangkat Desa di Tahun Politik

oleh -27 views
Sekda Melawi, Paulus

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Netralitas ASN dan perangkat desa menjadi tantangan dalam Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya dalam pemilu-pemilu sebelumnya netralitas oknum-oknum ASN dan aparatur desa masih menjadi hal yang paling sering terjadi.

Berkaitan hal itu, Sekda Melawi, Paulus, mengingatkan ASN dan perangkat desa di Kabupaten Melawi untuk menjaga netralitasnya dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Paulus menekankan netralitas ASN ini tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa ASN harus memiliki asas netralitas, seperti tidak mengikuti kampanye, menjadi peserta kampanye dengan mengenakan atribut partai atau atribut ASN dan tidak menggunakan fasilitas negara untuk kampanye.

Paulus pun mengimbau para ASN dan perangkat desa tetap menjaga prinsip netralitasnya dalam menghadapi tahun politik.

Menurutnya, netralitas sangat diperlukan demi terwujudnya iklim sejuk dan kondusif pada jajaran birokrasi pemerintahan, mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa.

Selain itu, Paulus juga mengimbau kepada para Kepala OPD untuk bisa memberikan pengarahan kepada para staf maupun TKD untuk lebih bijak menggunakan media sosial, terutama dalam membuat postingan dan komentar di media sosial.

‚ÄúSemoga semua tahapan Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan baik dan lancar. Jangan sampai ada konflik-konflik yang menghambat berjalannya proses Pemilu ini,” kata Paulus, Selasa (13/6).