Jembatan Gantung Lokajaya Ambruk, Warga Dambakan Jembatan Baja Segera Tuntas

oleh -40 views

MELAWINEWS.COM, Melawi – Sebuah jembatan gantung yang membentang antara Desa Loka Jaya dan Desa Tanjung Gunung ambruk pada Senin (16/1) siang sekitar pukul 13.24 WIB.

Jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Pinoh ini menjadi penghubung antar dua desa. Jembatan ini disebutkan memang sudah dalam kondisi rusak, dimana pondasi jembatan sudah miring beberapa hari sebelumnya

“Jembatan mendadak ambruk ke sungai. Kini sebagian bagian jembatan terendam di Sungai Pinoh,” ungkap Ujang, salah seorang warga setempat.

Beruntung pada saat kejadian, tidak ada warga yang melintas. Sehingga tidak ada korban jiwa. Kendati demikian, warga berharap ada penanganan cepat dari pemerintah. Mengingat jembatan tersebut termasuk sungai memiliki peranan penting bagi masyarakat untuk aktifitas sehari hari.

Camat Tanah Pinoh yang baru dilantik, Budiman dihubungi terpisah mengungkapkan, penanganan jembatan yang ambruk sudah dilakukan dengan kerjasama antar pihak dan masyarakat. Bagian badan jembatan yang sempat tumbang ke Sungai Pinoh pun sudah dibongkar dan dibersihkan masyarakat.

“Tinggal puing-puing jembatan yang masih tersisa di bawah yang rencananya dibersihkan besok. Memang tadi penanganan lebih pada mengangkat material jembatan yang menutupi alur sungai. Karena kan sungai juga masih menjadi lalu lintas dan banyak digunakan masyarakat,” katanya.

Sejumlah warga Kotabaru, kecamatan Tanah Pinoh pun turut mengomentari ambruknya jembatan gantung tersebut. Beberapa diantaranya menilai di wilayah Kotabaru memang sudah tidak layak lagi menggunakan jembatan gantung sebagai penghubung antar wilayah.

Banyak masyarakat mengusulkan agar Pemkab segera menyelesaikan jembatan rangka baja karena penduduknya sudah semakin ramai.

“Lalu lintas kendaraan juga tinggi. Tidak bisa disamakan dengan kondisi masa lalu,” kata salah seorang warga.

Jembatan Sungai Pinoh 2 sendiri diharapkannya bisa segera dituntaskan pada tahun ini. Mengingat pondasi jembatan ini sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Pemkab Melawi pun telah merencanakan penyelesaian jembatan sungai Pinoh 2 untuk digarap pada 2023 ini.