Tingkatkan Disiplin ASN, BKPSDM Melawi Uji Coba Sistem Absensi Online

oleh -240 views
Kepala BKPSDM Melawi, Jaya Sutardi

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melakukan uji coba pelaksanaan absensi berbasis online yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Melawi.

Kepala BKPSDM Melawi, Jaya Sutardi mengungkapkan penerapan absensi online ini diawali dengan sosialisasi dan uji coba penggunaan aplikasi berlabel ‘NYAGAM’ yang dimulai pada Senin (07/11/2022).

Jaya menyampaikan, uji coba melalui aplikasi ‘NYAGAM’ ini diterapkan pada 5 satu├án kerja (satker) yaitu Sekretariat Daerah, RSUD, BKPSDM, BPKAD dan Inspektorat. Selanjutkan akan diberlakukan pada semua OPD secara bertahap.

“Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan proses absensi bagi ASN di lingkungan Pemkab Melawi dan menjadi bagian dalam rangka mendisiplinkan ASN guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Jaya, Selasa (08/11/2022).

Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, sebut Jaya, pengguna dapat men-download terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi melalui link yang sudah tersedia.

Setelah proses instalasi selesai, lanjutnya, pengguna selanjutnya mengaktifkan fitur lokasi pada masing-masih perangkat smartphone android kemudian melakukan login menggunakan user dan password yang sudah diberikan.

Jaya menerangkan, penerapan awal aplikasi ini masih tahap ujicoba dan memerlukan penyempurnaan hingga dukungan semua pihak-pihak terkait, karena dilakukan bertahap.

“Namun yang terpenting dengan program absensi berbasis elektronik ini diharapkan tingkat kedisiplinan ASN dinilai meningkat dibandingkan sebelumnya, bersamaan dengan kinerja yang meningkat juga,” pungkasnya.