Tanah Warga Terkena Pelebaran Jalan, Bupati Berharap Tanpa Ganti Rugi

oleh -407 views
Bupati Melawi Dadi Sunarya UY bersama rombongan meninjau pembangunan Jembatan Melawi 2

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi segera membangunkan jalan penghubung antar Kecamatan Pinoh Utara menuju Jembatan Melawi 2 dengan Kecamatan Nanga Pinoh.

Keberadaan Jembatan Melawi 2 itu digadang-gadang bakal menjadi daya tarik pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya bagi warga di wilayah Kecamatan Pinoh Utara.

Untuk mendukung itu, terkhusus bagi warga yang berada di Desa Kompas Raya, Sungai Raya dan Tekelak diharapkan menyerahkan lahan tanpa ganti rugi yang akan digunakan untuk pelebaran akses jalan mulai dari Kantor Camat Pinoh Utara menuju Jembatan Melawi 2 sekitar 3 Km. Lahan itu bisa dihibahkan secara suka rela.

Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY pun berharap kepada warga di beberapa desa di Kecamatan Pinoh Utara ini, bisa secara suka rela menyerahkan lahan mereka yang terdampak pelebaran jalan mulai dari ujung Jembatan Melawi 2 menghubungkan Kantor Camat Pinoh Utara.

Dadi mengatakan, saat ini akses jalan yang sudah tersedia hanya 6 meter. Pemkab Melawi pun berencana jalan yang sudah ada ini bisa dilebarkan menjadi 15 meter.

“Karenanya kami berharap dukungan dari masyarakat, agar mereka menghibahkan atau mengikhlaskan untuk pelebaran jalan. Saat ini camat dan kepala desa sedang melakukan sosialisasi kepada warga,” ujar Dadi kepada sejumlah wartawan, saat meninjau pembangunan Jembatan Melawi 2, Rabu (23/2).

Dikatakan Dadi, untuk pembukaan pelebaran ruas jalan ini, anggaran sudah tersedia pada APBD Melawi 2022, melalui UPJJ sebesar Rp 1 miliar.