Buka Latsar CPNS, Sekda Melawi Ingatkan ASN Bebas Korupsi

oleh -85 views
Sekda Melawi Paulus membuka Latsar CPNS

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan CXXXVI.

Kegiatan Latsar CPNS formasi 2019 ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Nanga Pinoh, dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Melawi, Paulus, Senin (6/12/2021).

Kepala BKPSDM Melawi, Jaya Sutardi, melaporkan peserta Latsar CPNS ini di ikuti 38 orang, terdiri dari 1 orang tenaga teknis, 1 orang Pranata Laboratoriun Kesehatan dan 36 orang tenaga pendidik.

Jaya mengatakan, tujuan Latsar untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegritas.

Dengan mengikuti Latsar, lanjut Jaya, CPNS dapat menunjukkan sikap perilaku bela negara. Mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Selain itu, CPNS mampu mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam rangka NKRI. Mampu menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas dalam melaksanakan tugasnya ditempat kerja.

Jaya berharap, hasil yang dicapai dari kegiatan Latsar terwujudnya PNS yang profesional dalam pelayanan publik yang baik dan bermanfaat ditempat kerja serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa karena tugas utama PNS adalah abdi negara pelayanan masyarakat.

Sekda Melawi, Paulus, menjelaskan momentum Latsar ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas bagi CPNS, agar nantinya dapat mengemban dan menyelenggarakan tupoksinya dengan baik dan optimal.

“Perlu dibangun ASN yang yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat.