Hujan Deras, Dua Kecamatan di Melawi Dilanda Banjir

oleh -422 views
Banjir menggenangi ruas jalan perbatasan wilayah Kotabaru Kecamatan Tanah Pinoh dan Desa Mungguk Ombak Kecamatan Tanah Pinoh Barat

MELAWINWS.COM, MELAWI – Hujan lebat di wilayah Kabupaten Melawi pada Senin malam hingga Selasa pagi (31/8/2021) menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.

Dua kecamatan yang paling teredampak saat ini ada di Kecamatan Tanah Pinoh dan Tanah Pinoh Barat.

Selain merendam sejumlah rumah warga dan lahan pertanian, banjir juga melumpuhkan arus lalu lintas umum di beberapa jalan di wilayah dua kecamatan tersebut. Kondisi itu membuat arus lalu lintas lumpuh total.

Satu warga Tanah Pinoh, Ginoh, menyebut, saat ini banjir telah melanda perbatasan wilayah Kotabaru Kecamatan Tanah Pinoh dan di Desa Mungguk Ombak Kecamatan Tanah Pinoh Barat.

Menurut Ginoh, banjir disebabkan meluapnya Sungai Pinoh dan Sungai Cina. Sungai tak bisa menampung debit air yang meningkat tiba-tiba dipicu hujan lebat yang melanda.

“Sungai yang melintasi beberapa desa pun meluap ke pemukiman,” ujar Ginoh.

Banjir, kata Ginoh, merupakan bencana musiman di daerah tersebut akibat luapan Sungai Pinoh yang merupakan titik pertemuan air dari sungai-sungai yang ada di dua kecamatan tersebut.

Ginoh menghimbau kepada warga untuk tetap waspada. Hal ini mengingat curah hujan masih relatif tinggi hingga saat ini.