Positif Corona Meningkat, DPRD : Jangan Abai Protokol Kesehatan

oleh -41 views
Ilustrasi penanganan pasien corona di rumah sakit

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Melawi pada bulan Februari 2021 masih menunjukkan tren yang mengkhawatirkan.

Melihat perkembangan situasi terkini, dilansir dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Melawi, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah itu terus meningkat tajam hingga mencapai 364 kasus positif bulan Februari 2021. Kasus sembuh 307 orang, isolasi 47 orang dan 4 orang pasien dinyatakan meninggal dunia.

“Penambahan ini cukup tinggi, sehingga kita harus lebih memperketat pelaksanaan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, terutama ketika berada di fasilitas umum, seperti pasar, tempat ibadah kantor, dan tempat-tempat keramaian lainnya,” kata anggota DPRD Melawi, Yosef Fery Chin, Rabu (24/2).

Menurut legislator PDIP itu, memang sebagian masyarakat sudah patuh pada imbauan dan kebijakan pemerintah mengenai protokol kesehatan pencegahan virus corona, diantaranya memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Tetapi, banyak juga masyarakat yang tidak disiplin.

“Persoalannya adalah bahwa ada masyarakat yang tidak mau mengikuti protokol kesehatan tersebut. Nah ini barangkali diantaranya yang membuat laju virus corona semakin tinggi di Melawi,” kata Afat, akrab disapa itu.

Afat pun meminta publik untuk patuh pada anjuran dan kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi ini, sehingga ancaman penyebaran virus menular ini bisa di cegah hingga dihentikan.

“Saya berharap masyarakat mengikuti protokol kesehatan. Pakai masker, hindari keramaian, jangan mengadakan keramaian dan physical distancing harus ada,” pesannya.

Dia menjelaskan, meskipun pemberian vaksin Covid-19 telah dilakukan kepada tenaga kesehatan dan sejumlah masyarakat umum di Melawi, bukan berarti menjadi alasan mengabaikan langkah pencegahan virus mematikan itu, namun, penerapan protokol kesehatan masih sangat penting dilakukan seluruh masyarakat.

“Kita tidak boleh lengah menjalankan protokol kesehatan dan tentu saja berdoa agar kita semua terhindar dari virus ini,” pungkasnya.