Cegah Covid-19, Pemilih Jangan Berkumpul Saat Pencoblosan

oleh -10 views
Kepala Dinkes Melawi, dr. Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Tahapan pencoblosan dalam Pilkada Melawi yang berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang tinggal menghitung hari.

Terkait itu, jauh sebelum hari pencoblosan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, dr. Ahmad Jawahir, telah meminta semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Ia mengingatkan, jangan sampai pelaksanaan Pilkada 2020, terlebih di hari pencoblosan nanti menjadi klaster baru penularan Covid-19 khususnya di Melawi.

“Kita berharap saat warga mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar menggunakan protokol kesehatan termasuk penyelenggara, saya yakin semuanya akan baik-baik saja,” ujar Ahmad Jawahir, Sabtu (5/12).

Ia mengajak, helat pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan aman serta tetap mengutamakan protokol kesehatan, sehingga penyebaran penularan Covid-19 dapat dicegah.

“Mohon untuk masyarakat dan pihak penyelanggara agar patuh pada peraturan yang telah ditetapkan. Pastikan tidak terjadi penumpukan dan kerumunan di TPS,” pesannya.

Bagi masyarakat, lanjutnya, agar memperhatikan lingkungan TPS, sebelum dan sesudah menggunakan hak pilih. Masyarakat juga wajib memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, ujarnya, petugas di TPS juga diharapkan selalu mengingatkan masyarakat, agar mematuhi protokol kesehatan selama mengantre menunggu giliran mencoblos.

“Seperti berdiri maupun saat duduk di tempat duduk yang telah disediakan dengan tetap mengatur jarak aman,” pungkasnya.