Tembawang Panjang Dikepung Banjir, TNI-Polri Pantau Debit Air Sungai Iban

oleh
Jalan tergenang air banjir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Tembawang Panjang bantu menyeberangkan kendaraan warga

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Babinsa Koramil 1205-01/Nanga Pinoh, Sertu Sutiyono, bersama Bhabinkamtibmas melakukan pemantauan terhadap keadaan air Sungai Iban di Desa Tembawang Panjang, Kecamatan Nanga Pinoh, Melawi.

Pemantauan dilakukan, mengingat di wilayah desa tersebut ada beberapa titik yang diperkirakan dapat terjadi banjir kiriman dari hulu sungai hingga bisa merendam rumah penduduk. Apa lagi, keadaan cuaca saat ini tidak menentu.

Menurut Sertu Sutiyono, hingga malam ini, Sabtu (12/9), rumah warga masih aman dari luapan air banjir, namun sejumlah jalan di desa itu, tepatnya di Dusun Teluk Batu dan Dusun Tembawang Panjang mulai tergenang air hingga mencapai 1 meter.

Dikatakan, kondisi cuaca yang tak menentu, banjir kiriman dapat mengakibatkan air Sungai Iban meluap sampai ke permukiman warga, sehingga bisa melumpuhkan perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan, ketinggian air masih keadaan kondisi siaga. Meski begitu, tambah dia, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus tetap memantau dan terus melakukan komunikasi dengan masyarakat desa dan unsur terkait, sebagai antisipasi terjadinya banjir.