Jelang Belajar Tatap Muka, Guru SDN dan Swasta Jalani Tes Swab

oleh
Kepala Disdikbud Melawi, H. Joko Wahyono

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah guru SD negeri dan swasta di Kabupaten Melawi akan menjalani tes swab atau PCR gratis.

Tes tersebut mereka jalani seiring akan dimulainya kegiatan proses belajar mengajar (KBM) tatap muka, sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, H. Joko Wahyono, mengatakan, tes swab untuk guru di beberapa sekolah jenjang SD ini dilakukan sebelum masuk pembelajaran tatap muka di sekolah.

Tes swab tersebut, kata Joko, dilakukan bertahap, tergantung kesiapan Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi. Sedangkan test akan dilaksanakan di sekolah setempat, atau bisa saja digabung di satu tempat sekolah.

“Soal tempat pengambilan swab ini tergantung Dinkes Melawi yang menentukan,” terang Joko.

Joko mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan terhadap sekitar 200 orang untuk di swab terdiri dari guru, tata usaha, staf dan pendukung lain aktivitas sekolah kepada Dinkes Melawi.

Pengambilan swab untuk sekolah kali ini, lanjut Joko, di prioritaskan pada 6 SDN dan Swata di Ibukota Kecamatan Nanga Pinoh yakni di SDN 1, SDN 3, SDN 6, SD Muhammadiyah, SD Imanuel dan SD Yos Soedarso.

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan swab di SMP dalam kota ibukota kecamatan, seperti SMP 1 Sayan, SMP 1 Ella Hilir, SMP 2 Nanga Pinoh, SMP 6 Nanga Pinoh, SMP 1 dan SMP 2 Belimbing. Hingga kini pihaknya masih menunggu hasil swab tersebut.

Ditanya terkait kapan pembelajaran tatap muka semua sekolah jenjang PAUD, TK, SD dan SMP resmi dimulai, Joko menyebut, keputusan ada di Pemkab Melawi melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.