Matangkan Strategi Pengamanan Pilkada, Ini yang Dilakukan Polres Melawi

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Latihan pengamanan Pilkada kembali dilakukan jajaran Polres Melawi. Diantara dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG) Kamis (03/9) di Polres Melawi.

Kabag Ops Polres Melawi Kompol Dedy F. Siregar mengatakan, TFG ini merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana Operasi dan mensukseskan semua rangkaian dalam pengamanan Pilkada.

“Dalam latihan ini, Seluruh Kasatgas dan Personil diberikan pengarahan mengenai tahapan-tahapan dalam Pilkada tahun ini. Situasi hijau harus berbuat apa, kuning dan merah begitu juga, Siapa harus berbuat apa dan berkoordinasi dengan siapa, semuanya harus faham dan mengerti,” tuturnya.

Dikatakan Dedy, TFG ini dilaksanakan sebagai bentuk gambaran awal terhadap situasi kamtibmas di Kabupaten Melawi. Utamanya menentukan kondisi dalam tiap tahapan dari masa pendaftaran maupun penetapan.

“Situasi bisa merubah pola pam, Namun jika mau bergerak maupun bertindak utamakan koordinasi dan sinergitas,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan TFG dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan.

“Dalam latihan ini disimulasikan secara detail posisi penempatan personel sesuai kebutuhan yang diperlukan nantinya, disaat pelaksanaan pengamanan Pilkada,” ungkapnya.

Kapolres mengharapkan, dengan dilaksanakannya TFG ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Personilnya dalam mengamankan rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi dalam Pilkada serentak tahun 2020.

“Keberhasilan dalam semua tahapan tidak tergantung pada satu satgas saja, semua satgas merupan satu kesatuan. Tingkatkan sinergitas dengan seluruh instansi terkait lainnya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat,” ujarnya.