Tes SKB CPNS Bakal Digelar Oktober

oleh
Kepala BKPSDM Melawi, Paulus

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Pelaksanaan seleksi CPNS lanjutan akan digelar kembali pada Oktober mendatang. Peserta tes CPNS Melawi yang lulus SKD pun diminta mempersiapkan diri karena panitia mulai mempersiapkan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Paulus baru-baru ini mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih menunggu penjadwalan dari BKN pusat terkait pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Berdasarkan edaran dari BKN, pelaksanaan SKB itu dari 1-12 Oktober. Jadi dalam rentang waktu itu digelar. BKN regional V yang nantinya menjadwalkan,” ujarnya.
Paulus menerangkan penjadwalan disesuaikan dengan jumlah peserta SKB untuk berapa hari yang diperlukan serta fasilitas komputer yang tersedia. Pemkab Melawi sendiri sudah menyiapkan 60 unit komputer dan total peserta ada 351 orang sehingga perkiraan paling lama pelaksanaan SKB selama dua hari.
“Untuk tempat kita masih menggunakan aula Dinas Pendidikan. Hanya karena pelaksanaan ditengah pandemi Covid-19 ini kita harus mematuhi protokol kesehatan. Jadi kita akan mengikuti aturan protokol kesehatan seperti peserta wajib pakai masker, cuci tangan, ukur suhu badan,” katanya.
Bila dalam pelaksanaan tes ada peserta yang suhu badannya melebihi dari standar yang ditetapkan, maka telah disiapkan ruangan khusus di Disdikbud. Paulus memastikan peserta ini tetap bisa mengikuti tes SKB, namun terpisah dari peserta lainnya.
Total peserta yang mengikuti tahapan SKB, jelas Paulus sebanyak 351 orang. Dua orang, lanjutnya sempat terlambat mendaftar ulang. Namun setelah dikonsultasikan ke BKN pusat, dinilai tidak bermasalah.
“Sehingga secara otomatis mereka bisa mengikuti. Alasan terlambat, ada yang tinggal di Ulak Muid sana, jauh dari sinyal seluler sehingga tidak bisa menerima informasi. Kita sebenarnya gencar mengumumkan soal CPNS ini melalui Facebook maupun website Pemkab Melawi,” katanya.