Kisah Petugas BPBD Bantu Pemotor Seberangi Banjir

oleh

MELAWINEWS.COM, Melawi – Melawi menghadapi banjir yang cukup besar di pertengahan 2020. Banjir kali ini tak cuma melanda pemukiman serta pasar di bantaran sungai, tapi juga merendam jalanan, baik penghujung antar kecamatan hingga ruas jalan nasional Pinoh-Sintang.

Banjir yang melanda kota Nanga Pinoh dalam lima hari terakhir cukup membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sibuk. Mengingat banjir terjadi di sejumlah kecamatan.

Khusus di ruas jalan utama masuk kota Nanga Pinoh, petugas BPBD sampai menyiapkan perahu karet hingga mobil operasional untuk membantu masyarakat atau pengendara motor yang kesulitan melewati ruas jalan dari Terminal Bus Sidomulyo hingga depan PLN atau SPBU Sidomulyo akibat terendam banjir cukup dalam.

“Banyak masyarakat yang tetap melintas di ruas jalan nasional ini karena berbagai keperluan. Karena itu kita berinisiatif untuk membantu mereka dengan menyediakan perahu karet sebagai sarana penyeberangan,” ujar Budiman,salah seorang petugas BPBD bersama sejumlah rekannya.

 

BPBD membantu pengendara motor melintasi banjir menggunakan perahu karet

Budi, mengungkapkan banjir membuat jalan Pinoh-Sintang terendam air sepanjang kurang lebih dua kilometer. Banyak motor yang akhirnya mogok saat memaksa menerobos banjir di ruas ini. Karena itu BPBD akhirnya turun tangan membantu masyarakat agar bisa melewati jalan ini.

“Kita berikan pelayanan gratis pada masyarakat. Sebagai bentuk kepedulian kita dan hadirnya Pemerintah untuk membantu masyarakat. Lumayan juga karena armada BPBD bekerja hingga tengah malam,” ungkapnya.

Memang kata Budi ada juga masyarakat yang memilih menggunakan angkutan pick up maupun truk dengan membayar kurang lebih Rp 35 ribu sekali menyeberang. Hal inipun menjadi pilihan bagi pengendara itu sendiri.

“Yang terpenting inisiatif dari kami untuk membantu masyarakat,” ucapnya.