Banjir Ella Hilir, Ratusan Rumah Warga Tenggelam

oleh
Dilanda banjir, ratusan rumah warga di Desa Nanga Ella Hilir dan Desa Popai terendam banjir

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Sejumlah daerah wilayah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar) mengalami bencana banjir, yang berdampak terendamnya ratusan rumah warga.

Seperti terdampak banjir di Kecamatan Ella Hilir kawasan Desa Nanga Ella Hilir, Desa Pelempai Jaya, Desa Popai, Desa Lengkong Nyadom, Desa Domet Permai dan Desa Nanga Nuak, pada Minggu (12/7/2020).

Banjir kali ini yang merendam rumah warga hingga setinggi atap rumah. Akibatnya warga yang jadi korban harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Kasi Pelayanan Umum, Pemerintah Kecamatan Ella Hilir, Matsari, menyebutkan, hingga kini, banjir yang melanda sejumlah desa Kecamatan Ella Hilir, volume air Sungai Melawi masih cenderung naik. Hal itu dikarenakan curah hujan cukup tinggi masih saja terjadi.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun, selain rumah warga tergenang banjir, juga lahan pertanian dan perkebunan warga juga terendam banjir. Akibat kejadian ini ratusan kepala keluarga (KK) terpaksa harus mengungsi,” ujar Matsari.

Vidio Banjir

Menurut Matsari, kondisi ketinggian air di sejumlah desa tersebut masih bervariasi. Ada yang sudah sampai atap rumah warga, dan ada juga yang masih separuh rumah warga.

Masih menurut Matsari, Desa Nanga Ella Hilir dan Desa Popai merupakan paling parah tergenang banjir. Karena ketinggan air di daerah setempat sudah mencapai atap rumah warga.