Hasil PCR Swab 149 Warga Melawi, 21 Positif Corona

oleh
Bupati Melawi, Panji, saat menjalani swab ke dua di Pendopo Bupati Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Selain gencar melakukan rapid tes, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Melawi juga telah mengambil sampel swab terhadap warga yang dinyatakan reaktif serta mereka yang kontak erat dengan orang positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi, Ahmad Jawahir, Rabu (24/6) mengungkapkan hingga saat ini petugas kesehatan sudah melakukan swab pada 149 warga.

“Hasilnya 21 Positif Covid-19, 12 diantaranya sudah dinyatakan sembuh. 122 lainnya negatif dan masih ada enam orang yang belum keluar hasil swabnya.,” terangnya.

Pemeriksaan sampel swab dengan menggunakan metode real time PCR ini dilakukan pada warga yang hasil rapid tesnya reaktif. Selain itu, ada beberapa warga yang hasil tes cepatnya non reaktif tetap dilakukan swab karena dianggap kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sembilan warga yang di umumkan kemarin selain dari penelusuran kluster lama juga dari pelaksanaan rapid tes massal yang dilakukan berbagai instansi. Setelah reaktif kemudian kita lakukan swab pada yang bersangkutan,” katanya.

Rapid tes sendiri saat ini menjadi satu upaya mendeteksi penyebaran Covid-19. Banyak kasus positif Covid-19 di Melawi yang berhasil diketahui setelah melalui pelaksanaan rapid tes tersebut.