Aksi Nyata TNI-Polres Melawi Dirikan Dapur Lapangan, Bantu Masyarakat Tak Mampu

oleh
Foto bersama di depan dapur lapangan yang didirikan TNI dan Polri untuk membantu masyarakat tak mampu dan tak memiliki pekerjaan tetap

MELAWINEWS.COM, Melawi – Aksi nyata ditunjukkan TNI-Polri di Melawi dalam menghadapi wabah Covid-19. Kepedulian dua instansi ini dilakukan dengan mendirikan dapur lapangan bersama di Kompi Senapan A Yonif 642 Kapuas. Para koki dari TNI dan Polri akan memasak setiap harinya untuk menyediakan nasi kotak yang nantinya akan dibagikan pada masyarakat miskin yang terdampak secara sosial ekonomi.

Di hari perdana beroperasinya dapur lapangan ini, Minggu (19/4), personel TNI dan Polres Melawi membagikan 350 kotak nasi ke masyarakat yang membutuhkan. Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi bersama Pabung Kodim1205 Sintang, Mayor arh Eddy S hingga Danki Senapan A, Kapten Inf Bintang dan PJU Polres membaur bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat lintas etnis.

Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi mengatakan hari pertama ini ada 350 kotak yang dimasak langsung oleh personel Polres Melawi serta TNI di dapur lapangan Kompi Senapan A. Untuk tahap awal, pihaknya baru menyediakan nasi kotak untuk pagi hari saja.

” Karena kemampuan kami juga terbatas, untuk hari ini kita fokus untuk pagi dulu karena kita juga membentuk dengan Pabung ada mobil lapangan itu targetnya siang jadi pagi dari sini siang nanti di lapangan,” jelasnya.

Kapolres juga menambahkan bahwa kegiatan bakti sosial Polri dengan membuat dapur umum atau dapur lapangan merupakan program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis dan reaksi cepat serta tanggap Institusi Polri didaerah, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu akibat terdampak wabah virus corona (Covid-19).

“Makanan berupa nasi bungkus nantinya akan kami bagikan secara langsung kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ini, serta masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki pekerjaan tetap,” ucapnya.

Sedangkan Kehadiran tokoh adat dan tokoh masyarakat, kata Kapolres bertujuan untuk mensosialisasikan pada masyarakat bahwa kami TNI Polri ada untuk masyarakat. “Bila ada yang membutuhkan bantuan kami siap,” ujarnya.

Tris juga mengimbau kepada masyarakat silahkan bagi yang mau menyumbangkan baik langsung ke dapur lapangan ataupun perorangan.”Silahkan datang ke kami, untuk saling menunjukkan kepedulian kita pada sesama,” ajaknya.

Sementara itu, Pabung Kodim 1205 Sintang di Melawi, Mayor arh Eddy S menegaskan dukungan TNI dalam kegiatan bersama pihak kepolisian dalam membentuk dapur umum ini. intinya adalah membantu masyarakat yang terdampak Corona.

“Kami kerahkan apa yang ada di Melawi, baik Kompi, Kodim maupun Koramil. Karena itu personel TNI dan Polri terlihat langsung bersama memasak di dapur umum ini,” jelasnya.

Terpisah, Kabag OPS Polres Melawi, Kompol Dedy F Siregar memaparkan dapur lapangan ini menjadi sinergitas bersama TNI, Polri termasuk Pemda seharusnya. Untuk petugas masaknya juga terdiri dari tiga personel KODIM 1205 Sintang, Dua Koramil Nanga Pinoh serta lima dari Polres Melawi.

“10 orang ini yang menyiapkan bahan belanja, meracik sampai memasak hingga siap untuk disajikan. Setelah siap, kita minta kepada personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas di pos PAM Terpadu untuk mendistribusikan pada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Sehingga, kata Dedi, makanan dari dapur lapangan tidak dibagikan secara sporadis, tapi petugas sudah memiliki data, siapa yang akan menjadi penerima makanan ini setiap harinya. distribusi pun langsung ke rumah warga yang bersangkutan.

“Kita rencanakan dalam satu pekan ke depan ini untuk makan pagi dulu, nah pekan kedua karena kan sudah memasuki Ramadan kita rencanakan untuk sore hari, karena kan sudah ada yang puasa. Tapi nanti kita lihat juga data dari para Babinsa dan Bhabinkamtibmas kalau memang ada yang nonmuslim mungkin itu kita berikan pagi, nanti sisanya yang muslim itu sore,” katanya.