Rumah Betang Desa Merimpit Diresmikan, Ini Pesan Askiman

oleh
Askiman Resmikan Rumah Betang

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Askiman, meresmikan Rumah Betang Adat ‘Patih Angga’ di Desa Merimpit Baru, Kecamatan Dedai, Senin (8/4).

Rumah adat betang ini merupakan rumah tradisional berukuran 9 x 30 meter persegi. Betang ini berada satu kompleks dengan kantor desa. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Sintang.

Askiman menuturkan, meskipun dana minim, namun hasil yang dicapai terlihat sangat luar biasa.

“Gedung ini merupakan ciri khas budaya kita semua. Saya harap Rumah Betang ini bisa menjadi tempat untuk kita berkumpul bersama meningkatkan rasa kekeluargaan, rasa persaudaraan dan keharmonisan dalam masyarakat kita,” tutur Askiman.

Askiman menjelaskan, Rumah Betang ini juga menjadi tempat untuk melestarikan adat dan budaya dalam bentuk galeri dan juga menjadi pusat kerajinan di Desa Merimpit.

“Untuk memulai karya kerajinan dan aktivitas sosial masyarakat yang bersifat budaya bisa dari desa bisa bekerjasama dengan instansi dan dinas terkait di kabupaten guna meningkatkan pengetahuan masyarakat agar produk-produk kerajinan yang dikerjakan oleh masyarakat dapat tersalurkan dapat dipromosikan dengan baik,” tambahnya.

Camat Dedai, Subendi, menyatakan apresiasi positifnya di hadapan masyarakat yang berkumpul siang itu. Ia mengharapkan agar keberadaan Betang Patih Angga akan menjadi ikon dan pusat kebudayaan di Kecamatan Dedai.

“Peresmian Betang Adat Patih Angga di Desa Merimpit Baru ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita bersama baik secara umum masyarakat bagi Kecamatan Dedai dan masyarakat Sintang,” kata Subendi.

“Bangunan ini merupakan salah satu warisan tradisi budaya kita. Saya minta tolong kepada masyarakat supaya Rumah Betang ini kita jaga bersama,” pintanya