Wabup Minta Pemdes Tindak Lanjuti Workshop Siskeudes

oleh

MELAWINEWS.COM, SINTANG-Para kepala desa se-Kabupaten Sintang mengikuti Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan aplikasi Siskuedes versi 2.0 di gedung Pancasila Sintang pada Kamis (7/2).

Acara tersebut dibuka oleh wakil bupati Sintang Askiman, dengan pemateri Anggota DPR RI H Sukiman, Perwakilan BPK RI, BPK Kalbar dan perwakilan dari pihak kepolisian polda Kalbar.

Askiman mengungkapkan workshop ini dinilai penting untuk menambah pengetahuan pemerintahan desa, sehingga pengelolaan keuangan desa bisa lebih baik.  Maka dari itu para peserta bisa mengikuti dengan baik.

“Sistem Siskeudes ini akan membantu pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan. Sebab diakui memang kemampuan aparatur desa masih lemah dalam sistem ini. Dengan kegiatan seperti ini kami sangat bangga sehingga kemampuan aparatur desa bisa meningkat” katanya.

Dia juga berharap dinas pemdes bisa menindak lanjuti kegiatan ini dengan mengadakan bimtek. Supaya kemampuan aparatur desa semakin mantap terutama dalam pengelolaan keuangan di desa.

“Kepada para pemateri kami juga menyampaikan banyak terimakasih karena akan membagikan ilmunya kepada kita” katanya.

Anggota DPR RI H Sukiman mengungkapkan, dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Maka dari itu workshop ini perlu diadakan apalagi dana yang digulirkan pemerintah kepada desa sangat besar.

“Dengan sistem yang baru ini kita berharap pengelolaan dana desa  bisa transparan. Kenapa BPKP perlu mengadakan pembekalan supaya pemerintah desa mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah” katanya.