TPN XI Bakal Digelar, Diramaikan dengan Cerdas Cermat Guru dan Seminar Pendidikan

oleh -67 views

MELAWINEWS.COM, Melawi – Temu Pendidik Nusantara (TPN) kembali akan digelar di Kabupaten Melawi. TPN ke XI direncanakan akan dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi pada 15-17 Juli mendatang yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Melawi dan Yayasan Guru Belajar.

TPN merupakan forum tahunan yang menjadi kulminasi petualangan guru belajar sepanjang tahun melalui beragam aktivitas belajar, berkarya, dan berkarier. Di Melawi, ada beberapa aktivitas TPN XI yakni kelas pendidik, kelas penggerak, talkshow pendidikan, pameran karya murid, Pasar Solusi Pendidikan, dan Cerdas Cermat Guru (CCG).

Ketua Pelaksana TPN XI, Maman Basyaiban mengungkapkan pada aktivitas belajar CGG, peserta akan mendapat soal tantangan konseptual dan praktis yang dirancang sesuai Perdirjen nomor 2626 tahun 2023 mengenai Model Kompetensi Guru. Aktivitas ini bukan kompetisi melainkan asesmen formatif untuk pendidik agar mengetahui level kompetensinya.
“Mengapa ada CCG? Pertama, kurangnya keberagaman upaya peningkatan kompetensi guru. Lalu banyak program pengembangan kompetensi guru tapi minim yang membantu guru mengetahui level kompetensinya atau minim umpan balik,” terang Maman.

Melalui CCG, lanjutnya, pendidik bisa mengetahui level kompetensinya tanpa rasa khawatir seperti gagal uji kompetensi. Sebaliknya, CCG menjadi tempat belajar yang seru, terlebih pesertanya adalah tim sehingga mereka bisa berdiskusi.

Peserta yang lolos CCG di Melawi, akan maju ke level nusantara di puncak TPN XI di PosBloc, Jakarta pada tanggal 2-3 November 2024. Pada level ini, peserta akan mendapat tantangan dengan format debat.

Terpisah, Kadisdikbud Melawi, Yusseno mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Kegiatan TPN yang sudah berlangsung secara mandiri selama dua tahun kebelakang memberikan dampak bagi pendidikan di Melawi.

“Tahun 2024 ini untuk kegiatan TPN XI Pemerintah juga memberikan dukungan anggaran kegiatan seperti janji saya pada tahun lalu, ” katanya.

Ketua Panitia TPN XI Melawi, Mega Yesi juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan di rangkaikan dengan Seminar Pendidikan dengan Tema Pemimpin Yang Memberdayakan dengan menghadirkan Kepala BPMP dan Kepala BGP Kalimantan Barat. Selain itu akan ada Festival 80 Komunitas Belajar di Kabupaten Melawi. Dan ada berbagai aktivitas pendidikan lainnya.