103 CJH Bertolak ke Pontianak, 1 Jamaah Ditunda Keberangkatan Karena Hal Ini

oleh -174 views
Pelepasan CJH ditandai dengan salam-salaman oleh Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa didampingi tamu undangan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Bupati H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, secara resmi melepas Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Melawi 1445 H/2024 M sebanyak 103 orang menuju Pontianak, di terminal bis Sidomulyo, Nanga Pinoh, Senin pagi (27/5).

Kasi Haji dan Bimas Kemenag Melawi, H. M. Desi Asiska melaporkan, CJH Melawi tahun ini sebanyak 103 orang terdiri dari 52 laki-laki dan 51 perempuan. Mereka mendaftar pada tahun 2014 lalu.

Dari jumlah 103 CJH ini, lanjutnya, CJH tertua atas nama Sontol (laki-laki) usia 84 tahun asal Desa Madong Raya, Kecamatan Tanah Pinoh. Sedangkan yang termuda atas nama Ryan Rusdy Karso (laki-laki) usia 24 tahun asal Desa Paal, Kecamatan Nangan Pinoh.

Desi mengungkapkan, sedianya CJH Melawi yang berangkat tahun ini sebanyak 104 orang, namun, ada 1 CJH yang berasal dari Kecamatan Pinoh Utara ditunda keberangkatan, lantaran yang bersangkutan lolos sebagai PPPK di Kabupaten Sekadau.

Lebih lanjut dikatakan, CJH Melawi masuk kloter 17 Embarkasi Batam bersama CJH dari Kubu Raya dan Kapuas Hulu. Selanjutnya pada 28 Mei CJH akan berangkat ke Batam, kemudian pada 29 Mei akan bertolak ke Tanah Suci Mekah.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan ibadah haji ini akan berlangsung sekitar 46 hari dan tiba kembali di Melawi pada tanggal 11 Juli mendatang.

Dikesempatan itu, Desi menginformasikan, bahwa daftar tunggu CJH Melawi hingga tahun 2024 sebanyak 1.450 orang, menunggu jadwal keberangkatan hingga 15 tahun kedepan.

Ditempat yang sama, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengingatkan CJH agar selalu menjaga persatuan hingga kekompakan dan saling membantu serta selalu menjaga kesehatan, sebab cuaca di tanah suci jauh berbeda dengan di Indonesia.

Dadi juga meminta agar CJH fokus beribadah, mematuhi semua aturan yang sudah ada agar ibadah haji bisa dilakukan dengan lancar sampai selesai hingga memperoleh haji yang mabrur.

Selain itu, Dadi juga meminta agar CJH menjaga nama baik daerah hingga negara. Kemudian Ia meminta untuk mendoakan Melawi agar lebih maju dan baik kedepan.

Di momen pelepasan CJH tersebut, dirangkai dengan penyerahan uang saku oleh Bupati Dadi kepada seluruh CJH sebesar Rp 1.5 juta per jamaah.

Selain Bupati Dadi, Ketua TP PKK Melawi Raisya Sarbina juga menyerahkan bingkisan kepada seluruh CJH berupa obat-obatan, masker dan snack.

Turut hadir di pelepasan CJH tersebut diantaranya Ketua TP PKK Melawi Raisya Sarbina, Kapolres Melawi AKBP M. Syafi’i, Ketua IPHI Melawi Sukiman dan sejumlah undangan lainnya di lingkup Pemkab Melawi.