Seruan Keras kepada Pemda, Fraksi Golkar Soroti PAD Bukan Sekedar Target

oleh -186 views
Rapat paripurna DPRD Melawi terhadap Raperda Melawi tentang APBD Melawi 2024, Kamis (30/11/2023)

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Fraksi Golkar DPRD Melawi menyampaikan seruan keras kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi untuk memaksimalkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di APBD 2024.

Fraksi Golkar menilai, sektor PAD inilah yang menjadi salah satu opsi agar sumber pembiayaan pembangunan daerah tetap berjalan stabil.

Menurut Fraksi Golkar, Pemkab Melawi perlu untuk melakukan intervensi dan perhatian khusus dalam rangka meningkatkan PAD, lantaran realisasi capaian PAD yang ditetapkan setiap tahun tidak pernah mencapai target.

Hal itu disampaikan Fraksi Golkar dalam penyampaian pandangan akhir pada rapat paripurna DPRD Melawi terhadap Raperda Melawi tentang APBD Melawi 2024, Kamis (30/11/2023).

Melalui juru bicara Fraksi Golkar, Oktafianus, menyebut upaya pengoptimalan PAD merupakan langkah kunci dalam mendukung pembangunan daerah.

“Kami meminta ke Pemerintah Daerah melalui OPD terkait agar realisasi PAD bisa lebih ditingkatkan secara serius. Tidak hanya sekedar target belaka, namun akhirnya tidak berjalan optimal,” ujar Oktafianus.

Masih menurut Fraksi Golkar, Pemkab Melawi harus lebih berinovasi dan kreatif untuk merealisasikan besaran target PAD terutama di sektor pajak dan retribusi. Pasalnya, masih banyak potensi-potensi pajak maupun retribusi di Melawi yang belum dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD.

Dalam upaya untuk menggenjot PAD, Fraksi Golkar mengusulkan pengembangan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan yang memperhatikan aspek legalitas, keadilan, kepentingan umum, karakteristik daerah dan kemampuan masyarakat dengan memegang teguh prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi.

“Dukungan anggaran kepada OPD terkait dalam meningkatkan PAD harus diperhatikan. Termasuk memberikan penghargaan khusus kepada petugas penarik retribusi dilapangan,” pungkasnya.