Mapala IMPA STKIP Melawi Bersihkan Sampah di Bukit Matok

oleh -201 views
Aksi kumpul sampah plastik yang berada di atas puncak Bukit Matok oleh Mapala IMPA STKIP Melawi

MELAWINEWS.COM, Melawi – Mapala IMPA STKIP Melawi menggelar aksi bersih-bersih sampah di Bukit Matok. Kegiatan digelar bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ketua Panitia Kegiatan, Gunawan mengungkapkan kegiatan ini digelar pada Sabtu dan Minggu, 28-29 Oktober lalu. Aksi bersih sampah ini pun berhasil mengumpulkan empat kantong sampah yang memang berserakan dari kaki Bukit hingga puncak Bukit Matok.

“Aksi pengumpulan sampah ini dilakukan selama dua hari satu malam dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 95. Dipilihnya Bukit Matok karena mengingat terlalu banyak sampah berserakan yang ada di atas, ” katanya.

Aksi bersih bersih sampah oleh Mapala IMPA STKIP Melawi di Bukit Matok

Bukit Matok sendiri menjadi salah satu destinasi wisata alam, khususnya mereka yang gemar mendaki, karena lokasinya yang tak jauh dari ibukota kabupaten Melawi dan dekat dengan akses jalan raya. Namun yang memang disayangkan, banyak pengunjung yang kadang kurang memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dalam aksi bersih bersih ini, IMPA STKIP Melawi juga menempel plang motivasi untuk mengingatkan pengunjung menjaga alam dan tak membuang sampah.

“Tujuan melakukan aksi bersih-bersih sampah dan penempelan plang Motivasi ini untuk mengingat para pengunjung atau pendatang dari luar dalam kesadaran mengolah dan memilah makanan yang dibawa ke puncak agar tidak terjadi lagi sampah yang berserakan,” kata Gunawan.

Jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan sebagian besar merupakan sampah anorganik. Sampah ini dikumpulkan oleh 27 anggota Mapala IMPA STKIP Melawi. Ia pun berharap, para pengunjung maupun masyarakat yang memiliki hobi mendaki bisa ikut menjaga kelestarian kedepan.

“Kawan-kawan yang suka dengan tenangnya embun pagi dan hangatnya sunset di puncak Bukit Matok bisa menjaga kelestarian lingkungan untuk kedepannya. Bukan hanya bicara tapi harus dilakukan dengan aksi yang nyata,” pungkas Gunawan.